Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 16:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teras, taman, patio, dan ruang luar di rumah menjadi tempat favorit untuk bersantai, berkumpul, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Namun, kegembiraan dan kenyaman berkumpul bisa terganggu oleh kehadiran hama di teras seperti nyamuk, semut, kecoak, dan tawon. 

Beruntung, masalah hama di teras dan luar ruangan ini dapat diatasi dengan mudah. Dikutip dari Southern Living, Kamis (26/1/2023), berikut beberapa cara mengusir hama dari teras rumah

Baca juga: 5 Hama Serangga yang Ada di Dapur dan Cara Membasminya

Periksa tanaman

Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor.
Menurut Scot Hodges dari Arrow Exterminators di Atlanta, Georgia, tanaman dan bunga dalam pot dapat menawarkan sedikit ekosistem bagi serangga dan hama.

"Cobalah membatasi jumlah tanaman dan bunga di teras dan jangan menyiram tanaman dalam pot secara berlebihan," katanya.

"Untuk tanaman di teras, pastikan tanaman tersebut tidak terlalu dekat dengan pintu depan rumah. Dengan begitu, hama yang tinggal di tanaman tidak akan tergoda untuk masuk ke rumah." 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Hias Gantung yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Hilangkan genangan air

Selanjutnya, cara mengusir hama dari teras rumah adalah menghilangkan genangai air. John Bell, mantan staf ahli entomologi di TruGreen di Orlando, Florida, Amerika Serikat, memperingatkan  genangan air yang dibiarkan selama berminggu-minggu di tutup tempat sampah dan ban bekas dapat menjadi tempat berkembang biak sempurna bagi nyamuk.

"Nyamuk hanya membutuhkan sumber air yang tidak terganggu selama beberapa minggu untuk berubah dari telur menjadi nyamuk dewasa yang menggigit.

Genangan air di fitur taman, seperti tempat mandi burung, harus dikosongkan atau diganti sesering mungkin untuk mencegah halaman menjadi tempat berkembang biak nyamuk. 

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah

Beli lilin serai beraroma 

Ilustrasi lilin aromaterapi. UNSPLASH/DAIGA ELLABY Ilustrasi lilin aromaterapi.
Jika mencari pengusir nyamuk, pertimbangkanlah lilin serai wangi. Namun, jangan harap nyala api ini dapat mengusir laba-laba dan semut.

Bell memperingatkan keberhasilan lilin serai tergantung pada kedekatannya dengan orang yang ingin dilindungi, jumlah yang digunakan (semakin banyak, semakin baik), dan jenis serangga yang ingin dikendalikan.  

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk dari Taman dan Teras Rumah

Beralih ke lampu LED

Menggunakan lampu LED dapat menjadi cara mengusir hama dari teras rumah. Hodges mengatakan pencahayaan juga membuat perbedaan untuk mengatasi masalah hama.

"Kebanyakan orang tahu bahwa lampu menarik serangga terbang. Semakin banyak cahaya, semakin banyak serangga." 

Namun, penelitian telah menunjukkan lampu LED menarik lebih sedikit serangga. Lampu LED menghasilkan lebih sedikit panas sehingga lebih sulit ditemukan oleh serangga yang tertarik pada sumber panas.

Karena itu, pertimbangkan mengganti pencahayaan di teras dengan lampu LED. Ini termasuk pencahayaan dekoratif seperti lampu kafe.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com