Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Nyamuk dari Taman dan Teras Rumah

Kompas.com - 17/11/2022, 18:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan kegiatan di luar rumah, seperti teras atau halaman,  menjadi kegiatan yang sering dilakukan banyak keluarga.

Namun, ketika melakukan aktivitas di luar ruangan, terkadang muncul kehadiran serangga yang mengganggu seperti nyamuk

Baca juga: Betulkah Tanaman Citronella Efektif Mengusir Nyamuk?

Tak hanya mengganggu, keberadaan nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit seperti demam berdarah.

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (17/11/2022), berikut beberapa cara mengusir nyamuk dari taman dan teras rumah. 

Nyalakan lilin

Ilustrasi nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Waspada bahaya demam berdarah dengue yang cenderung meningkat saat musim hujan.Shutterstock/Tacio Philip Sansonovski Ilustrasi nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Waspada bahaya demam berdarah dengue yang cenderung meningkat saat musim hujan.
Cegah kehadiran nyamuk di teras rumah dengan membakar lilin serai. Lilin serai saat ini datang dalam berbagai bentuk seperti stoples kaca yang cantik, pot terakota besar, atau wadah dekoratif lainnya.

Lilin juga datang sebagai dalam bentuk tongkat besar yang dapat langsung ditusuk ke taman. 

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Digunakan Sebagai Obat Nyamuk Alami

Semprotkan minyak kayu putih dan lemon 

Semprotkan kombinasi minyak kayu putih dan lemon di sekitar area taman atau teras untuk mengusir nyamuk. Sama dengan serai, semprotan minyak kayu putih dan lemon dapat mencegah nyamuk di taman.  

Hindari genangan air yang dangkal

Nyamuk menyukai genang air dan sering berkembang biak di sana. Jadi, singkirkan genangan air yang ada di sekitar area taman atau teras, termasuk baki air di bawah tanaman. 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Pelihara beberapa ikan

Ilustrasi kolam ikan minimalis di rumah minimalisSHUTTERSTOCK/ANI ROFIQAH Ilustrasi kolam ikan minimalis di rumah minimalis
Jika memiliki kolam air di halaman belakang, tepian yang dangkal cenderung menarik nyamuk untuk berkembang biak, apalagi jika airnya tidak bergerak.

Untuk itu, tambahkan beberapa ikan ke dalam kolam untuk memakan larva nyamuk atau biarkan air terus mengalir dengan sistem pompa.  

Tanam herbal dan semak

Mint, kemangi, marigold , pohon lemon, dan rumput serai adalah tanaman herbal yang dapat mencegah nyamuk berkembang biak di taman atau halaman rumah. 

Karena itu, cobalah menanam beberapa tanaman herbal tersebut di taman atau dekat teras rumah untuk mengusir nyamuk.  

Baca juga: 4 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Tanpa Semprotan Serangga 

Blokir akses

Apakah memiliki tangki air di halaman rumah? Pasang kasa di atas tangki air, jaring baja tahan karat untuk mencegah nyamuk dan serangga merayap lainnya memasuki air tangki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com