Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Pakaian yang Menarik Perhatian Nyamuk, Bisa Gigit

Kompas.com - 11/04/2024, 09:08 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran nyamuk di rumah dapat menjadi masalah bagi banyak orang. Selain mengganggu, nyamuk dapat menggigit yang membuat gatal-gatal, ruam  dan bentol.

Bahkan gigitan nyamuk  dapat menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah. 

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Dapat Ditanam di Halaman Rumah

Ada beberapa faktor yang membuat nyamuk menggigit manusia, seperti suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan, bau tubuh yang mengandung asam laktat, karbon dioksida, dan amonia, serta perubahan hormon pada manusia dengan kadar asam laktat tinggi. 

Selain itu, ada hal lainnya yang dapat menarik perhatian nyamuk terhadap manusia, seperti penggunaan warna pakaian.

Menurut studi ilmiah dan pakar hama, ada beberapa warna pakaian warna yang dapat menarik nyamuk menggigit manusia. Maka itu, penting menghindari warna pakaian tersebut. 

Dikutip dari Best Life, Kamis (11/4/2024), berikut sejumlah warna pakaian yang menarik perhatian nyamuk

Baca juga: 6 Area di Rumah yang Menjadi Tempat Nyamuk Bertelur

Merah

Nyamuk memiliki sensitivitas terhadap beberapa warna dan pola visual tertentu. Merah merupakan salah satu warna yang terlihat sangat cerah dan menarik bagi nyamuk.

Jeffrey Riffell, profesor biologi di Universitas Washington, Amerika Serikat, mengatakan merah sangat terlihat oleh nyamuk, terutama jika dikombinasikan dengan bau badan, seperti keringat atau parfum tertentu.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Washington, Riffell menjelaskan kemampuan nyamuk untuk mendeteksi karbon dioksida, yang tidak dapat dirasakan manusia, memicu aktivasi indra penglihatannya.

Saat nyamuk mendeteksi karbon dioksida dari napas manusia, aroma tersebut merangsang mata nyamuk untuk memindai warna-warna tertentu dan pola visual lain yang terkait dengan inang potensial sehingga nyamuk dapat menuju ke arah sumber aroma tersebut.

Selain itu, keringat dan suhu kulit dapat menarik perhatian nyamuk karena karbon dioksida dapat tersebar hingga jarak enam meter, nyamuk dapat merasakan keberadaan inangnya dari jarak cukup jauh. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Nyamuk di Rumah dengan Minyak Serai

Hitam

Ilustrasi mencuci pakaian hitamShutterstock/pumatokoh Ilustrasi mencuci pakaian hitam
Selanjutnya, warna pakaian yang menarik perhatian nyamuk adalah hitam.

Menurut Bryan Clayton, CEO GreenPal, nyamuk menggunakan matanya untuk mencari lokasi inangnya dan warna gelap, seperti hitam tampak lebih mencolok di cakrawala saat senja dan fajar--merupakan waktu nyamuk paling aktif mencari sumber darah.

David Price, Direktur Layanan Teknis dan Ahli Entomologi di Mosquito Joe,  mengatakan meski tidak benar-benar melihat warna, nyamuk peka terhadap kontras dalam spektrum cahaya. Hitam menciptakan kontras lebih kuat dan menyerap lebih banyak panas.

Sama dengab merah, hitam juga memiliki panjang gelombang lebih panjang sehingga setelah mendeteksi karbon dioksida, nyamuk cenderung lebih tertarik pada warna-warna ini. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com