Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Cola untuk Membersihkan Saluran Air dan Kloset

Kompas.com - 17/11/2022, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air yang tersumbat dapat meninggalkan lingkaran kotoran lembap di sekitar tepi bak cuci atau menumpuk di sekitar saluran air kamar mandi. Untuk membersihkan saluran air tersumbat, Anda bisa menggunakan cola alias minuman soda.

Dikutip dari Hunker, Kamis (17/11/2022), desir soda dapat menyegarkan saluran yang sedikit tersumbat dan menyelesaikan masalah dalam hitungan menit.

Akan tetapi, tidak semua soda dibuat untuk masalah pipa ledeng ini, jadi pastikan Anda menggunakan minuman soda yang tepat.

Baca juga: Jangan Pakai Garam untuk Atasi Saluran Air Mampet, Mengapa?

Ilustrasi saluran air kamar mandi tersumbat. SHUTTERSTOCK/FONGBEERREDHOT Ilustrasi saluran air kamar mandi tersumbat.

Anda dapat menggunakan cola untuk membuka saluran pembuangan, kloset, atau masalah pipa lainnya yang mengganggu.

Asam fosfat dalam formula soda inilah yang memberi minuman rasa, dan juga memiliki sifat yang mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.

Jika Anda tertarik untuk membersihkan saluran air dengan soda, carilah produk dengan asam fosfat yang terdaftar sebagai salah satu dari empat bahan pertama. Dengan begitu, akan ada cukup fosfor untuk bekerja pada zat alami yang menyumbat pipa saluran air.

Anda harus menggunakan minimal 590 ml soda untuk memotong kotoran di mangkuk kloset. Soda 2 liter juga bisa digunakan, tetapi pastikan itu lebih dari satu botol untuk mendapatkan efek penuh dari sifat asam soda.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Kamar Mandi Mampet, Pakai Soda Kue dan Cuka

Cara mengatasi saluran air tersumbat dengan cola

Biarkan soda selama satu atau dua jam atau sampai mencapai suhu kamar. Soda dingin tidak bekerja dengan baik untuk menyumbat saluran air.

Perlahan tuangkan ke saluran air. Diamkan di saluran air setidaknya selama satu jam, jika tidak semalaman, untuk memungkinkannya bekerja pada sumbatan yang membandel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com