Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan Cuka dan Baking Soda untuk Membersihkan Saluran Air

Kompas.com - 29/06/2022, 20:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue dan cuka sejak lama digembar-gemborkan sebagai produk pembersih alami yang ampuh. Kedua bahan ini digunakan untuk membersihkan banyak hal di rumah, mulai dari noda hingga kerak membandel.

Salah satu tips pembersihan dengan baking soda dan cuka adalah manfaatnya untuk membersihkan saluran air, misalnya saluran air bak cuci piring atau kamar mandi.

Namun demikian, membersihkan saluran air dengan baking soda dan cuka sebenarnya adalah ide buruk. Mengapa begitu?

Baca juga: 6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Membersihkan Dapur

Ilustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi menghilangkan bau pada saluran air di dapur dengan baking soda.

Dilansir Express, Rabu (29/6/2022), baking soda dan cuka memang bisa menjadi solusi yang sempurna untuk membersihkan banyak hal di rumah. Namun, kombinasi bahan pembersih ini tidak boleh digunakan untuk membersihkan saluran air.

Menggabungkan cuka dan baking soda menciptakan reaksi kimia, reaksi antara keduanya inilah yang memecah noda. Meskipun ini mungkin sempurna untuk membersihkan karpet, reaksi ini tidak berguna untuk saluran air.

Ini karena sekali reaksi ini terjadi, keduanya tidak akan bereaksi lagi, sehingga campuran soda kue dan cuka ini tidak baik untuk membersihkan saluran air.

Keduanya awalnya akan bergabung untuk memecah partikel yang ditemukan di permukaan saluran pembuangan.

Baca juga: Cara Membersihkan Berbagai Noda dari Teras Beton

Akan tetapi, pada saat kedua bahan ini turun ke saluran air atau saluran pembuangan, reaksinya sudah selesai, sehingga tidak akan berpengaruh pada pembukaan saluran.

Dalam hal minyak keras, campuran ini tidak dapat membantu Anda karena reaksi yang membersihkan dengan sangat cemerlang pada permukaan lain akan terjadi pada saat minyak mencapai saluran air atau saluran pembuangan.

Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com