Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Garam untuk Atasi Saluran Air Mampet, Mengapa?

Kompas.com - 17/09/2022, 07:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air mampet, baik saluran air bak cuci piring maupun saluran air kamar mandi, adalah masalah yang meresahkan. Ada banyak beredar tips mengatasi saluran air mampet, salah satunya menggunakan garam.

Akan tetapi, apakah garam ampuh mengatasi saluran air mampet dan bau? Ternyata, menurut sejumlah ahli, cara ini tidak ampuh.

Dikutip dari Real Homes, Sabtu (17/9/2022), beberapa ahli pipa mengatakan, menuangkan garam ke saluran air bukanlah ide yang baik. Baik itu untuk membersihkan saluran air kamar mandi atau saluran air bak cuci piring.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Kamar Mandi Mampet, Pakai Soda Kue dan Cuka

Ilustrasi garam. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi garam.

Gagasan di balik tips ini adalah karena garam bersifat abrasif, maka secara fisik akan menjelajahi pipa, sehingga membuang semua kotoran yang menyumbat.

Itu ide yang bagus secara teori, tetapi dalam praktiknya, tidak ada bukti bahwa garam benar-benar ampuh.

Pakar pipa di Meyer's menjelaskan bahwa Anda akan membutuhkan banyak garam untuk menjelajahi seluruh bagian dalam pipa. Mereka tidak pernah merekomendasikan membuang apa pun kecuali air ke saluran air dalam jumlah besar.

Selain itu, jika Anda memiliki pipa uPVC, Anda tidak boleh menuangkan garam ke dalamnya karena dapat merusak bagian dalam pipa.

Baca juga: Mudah, 5 Cara Menghilangkan Bau Saluran Air Bak Cuci Piring

Anda juga tidak akan bisa hanya menggunakan garam meja. Sebaliknya, Anda membutuhkan garam kristal, yang berarti menggunakan garam laut yang mahal dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Anda bisa merusak pipa ledeng. Pemilik John The Plumber Jake Romano mengatakan, menggunakan garam untuk membersihkan saluran air bukan hal yang dia rekomendasikan. Menurut dia, garam mungkin menjadi efektif bila dikombinasikan dengan bahan lain.

Halaman:
Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com