Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2022, 16:37 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa material yang digandrungi masyarakat lantaran memiliki tampilan yang dapat membuat hunian terlihat lebih mewah seperti marmer dan kayu.

Kendati demikian, tidak semua orang memiliki anggaran cukup untuk menghadirkan furnitur bermaterial marmer dan kayu. Walhasil, niat pun perlu diurungkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Beragam Noda pada Furnitur Berlapis HPL Clean Touch

Namun, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan tampilan material yang diinginkan, yakni menggunakan HPL.

Co-founder sekaligus desainer interior di Insignio Studio, Adianto Salim, mengatakan penggunaan HPL juga lebih efektif.

“Sekarang teknologi sudah berkebang. Veneer memang dari kayu asli, sementara HPL manufactured. Tapi, teknologi berkembang, materialnya (HPL) mulai mirip dengan aslinya,” terangnya dalam konferensi pers TACO di IndoBuildTech Expo 2022, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, baru-baru ini. 

Selain itu, ada berbagai keuntungan menggunakan HPL untuk melapisi furnitur rumah seperti berikut ini Kamis (17/11/2022). 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Furnitur Kayu Tetap Berkilau dan Tahan Lama

Mirip material aslinya

Tampilan HPL Clean Touch milik TACO yang diterapkan pada meja.dok. Facebook TACO ID Tampilan HPL Clean Touch milik TACO yang diterapkan pada meja.

Seperti disebutkan Adianto sebelumnya, HPL yang dijual saat ini memiliki tampilan, bahkan tekstur mirip dengan material yang ditiru. 

Contohnya, HPL bermotif kayu memiliki tekstur menyerupai jenis kayu yang ditiru. Setiap guratan atau pola lain yang ditampilkan terasa ketika disentuh.

“Enggak cuma kayu, ada juga HPL batu dan fabric. Teknologi sudah segitu berkembang,” terang Adianto.

Harganya lebih murah

Tidak semua orang bisa menghadirkan furnitur bermaterial asli ke dalam huniannya. Untuk itu, HPL merupakan alternatif yang patut dipertimbangkan lantaran harganya lebih murah.

“Harganya lebih murah pastinya. Bisa memotong bujet karena enggak perlu waktu impor dan biaya masuk barang. HPL paling aman karena sesuai bujet,” ujar Adianto.

Baca juga: Mengenal HPL Clean Touch, Tahan Noda dan Pantulan Cahaya

Mudah dipasang

Ilustrasi HPL.SHUTTERSTOCK / Giedre Anuskeviciute Ilustrasi HPL.

Adianto mengatakan proses pemasangan HPL cukup mudah lantaran hanya tinggal ditempelkan saja ke permukaan yang telah disiapkan.

Lebih lanjut, jika tepiannya mulai terangkat, bisa dilem kembali menggunakan perekat yang sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com