Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 08:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tinggal di negara tropis, rumah bebas nyamuk seringkali sulit terwujud. Oleh karena itu, banyak pemilik rumah memiliki semprotan pengusir nyamuk atau alat-alat pengusir nyamuk lainnya.

Akan tetapi, sebagian besar bahan kimia ini berat dan dapat membahayakan orang-orang di rumah selain membuat kesulitan bernapas.

Selain penyakit berbahaya yang disebarkan oleh nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan demam kuning, nyamuk juga sangat mengganggu karena gigitan nyamuk dapat membuat gatal-gatal lama setelah gigitan dan kebisingan yang mereka buat juga dapat mencegah Anda tertidur.

Baca juga: 4 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Tanpa Semprotan Serangga

Ilustrasi nyamuk hinggap di daun. PIXABAY/ERIK_KARITS Ilustrasi nyamuk hinggap di daun.

Ada langkah-langkah tertentu yang perlu Anda ambil terkait cara mengusir nyamuk di rumah. Berikut cara mengusir nyamuk di rumah, dikutip dari India Today, Rabu (28/9/2022).

1. Hentikan nyamuk memasuki rumah

Jika Anda menginginkan rumah bebas nyamuk, Anda harus terlebih dahulu memastikan nyamuk tidak masuk ke rumah. Saat senja dan matahari terbenam, tutup rapat semua pintu dan jendela jika Anda belum memasang jaring atau kasa nyamuk

Anda dapat membeli strip pintu secara online yang akan menghalangi ruang di sekitar pintu dan jendela tempat nyamuk dapat masuk ke dalam rumah.

2. Menghentikan nyamuk berkembang biak di dalam rumah

Hal lain yang harus Anda periksa adalah apakah ada tempat di dalam rumah Anda tempat nyamuk berkembang biak.

Baca juga: Cara Membuat Perangkap Nyamuk, Pakai Gula dan Ragi

Air yang menggenang dari AC atau di taman bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Jika ada yang ditempatkan di dalam rumah seperti gudang tempat Anda menumpuk barang-barang lama, bersihkan area tersebut dari waktu ke waktu karena kemungkinan besar nyamuk akan bersarang di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com