Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengusir Ular dari Rumah, dari Alami hingga Profesional

Kompas.com - 20/04/2024, 07:48 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Havahart

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca yang tak menentu beberapa terakhir belakangan ini, seperti terkadang hujan lebat, membuat rumah rentan dimasuki sejumlah hama, termasuk tikus dan kadal.

Kehadiran tikus dan kadal di rumah ini tak lain ingin mencari tempat perlindungan. Namun, kemunculan tikus dan kadal ini juga dapat menarik predator lain ke masuk rumah, seperti ular

Baca juga: 6 Cara Mengusir Ular dari Dapur, Dijamin Pergi Selamanya

Perlu diketahui, tikus merupakan mangsa ular dan inilah yang menjadi alasan mengapa ular masuk ke rumah

Selain itu, penyebab ular masuk ke rumah adalah mencari tempat berlindung dari cuaca dingin. Sebagai hewan berdarah dingin, ular membutuhkan tempat hangat, seperti di dalam rumah untuk berlindung, bahkan bisa bertelur. 

Ditambah lagi, rumah memiliki lingkungan yang aman dan lebih sedikit predator alami untuk ular, yang membuat merasa lebih aman, nyaman, bahkan menetap. 

Ular masuk ke rumah melalui celah atau ruang kecil, loteng, hingga kloset. Jika Anda mendengar suara-suara aneh di semua area rumah atau melihat sesuatu bergerak di taman, perlu mencuriga adanya ular yang masuk ke properti Anda serta mengalami langkah mengusir ular

Dikutip dari Havahart, Sabtu, (20/4/2024), berikut sejumlah cara mengusir ular dari rumah

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 6 Penyebab Ular Masuk ke Rumah

Mengidentifikasi kehadiran ular di rumah 

Ilustrasi ular.Shutterstock/Worraket Ilustrasi ular.
Mengingat ular merupakan hewan berbisa atau beracun yang bisa mematikan, perlu berhati-hatian dan memahami masalah yang terkait dengan keberadaan ular sebelum memilih metode kontrol yang tepat.

Langkah pertama adalah menentukan apakah ular tersebut berada di dalam rumah atau luar ruangan. Jika Anda menemukan ular di dalam rumah, periksa celah atau retakan di dinding, lantai, atau atap yang bisa menjadi pintu masuk ular ke rumah.

Namun, bila menemukan ular di luar ruangan, seperti halaman atau kebun, periksa tumpukan kayu, semak-semak, atau batu yang bisa menjadi tempat persembunyian ular.

Setelah menemukan keberadaan ular, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi perkiraan lokasi atau sarang ular.

Ular biasanya sering bersembunyi di bawah tumpukan kayu, di antara reruntuhan bangunan, atau di dalam lubang di tanah. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Tempat Masuknya Ular ke Rumah yang Perlu Diwaspadai

Selanjutnya, penting mengetahui spesies ular yang biasanya muncul di daerah Anda dan bagaimana cara mengidentifikasinya.

Misalnya, di daerah tertentu, Anda mungkin menemukan ular jenis piton, ular hijau, atau ular berbisa, seperti ular kobra serta ular tedung.

Pelajari juga tentang kebiasaan dan faktor risiko yang terkait dengan masing-masing jenis ular ini, seperti apakah berbisa atau tidak, perilaku dalam berburu, atau mencari tempat berlindung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com