Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hama yang Bersembunyi di Loteng Rumah, dari Tikus sampai Ular

Kompas.com - 02/08/2023, 08:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Loteng merupakan struktur atau bagian rumah paling atas. Banyak orang memanfaatkan loteng sebagai tempat menyimpan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan atau digunakan.  

Tak jarang, hal ini membuat loteng berantakan dan tidak terawat baik, yang akhirnya mengundang sejumlah hama atau hewan untuk datang.  

Baca juga: Jangan Simpan 7 Barang Ini di Loteng, Ini Alasannya

Hama-hama ini hidup bebas serta menimbulkan kekacauan di loteng Anda. Bahkan bukan tidak mungkin akan turun ke ruangan dan menginfestasi rumah Anda apabila tidak ditangani segera.  

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (2/8/2023), setidaknya ada enam hama yang bersembunyi di loteng rumah seperti berikut ini,

Tikus atap

Ilustrasi tikus menggigit kabel. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel.
Tikus dapat masuk ke lubang sekecil apa pun dan menjelajah berbagai tempat, termasuk loteng. Keberadaan tikus di loteng dapat dilihat dari adanya insulasi, kardus, dan kabel yang dikunyah.

Tikus tidak membutuhkan banyak ruang untuk masuk, jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan dan menutup lubang-lubang di rumah.

Ben Sciortino, pemilik Tri-S Pest Control, menyarankan memulai menutup lubang dari dasar fondasi, lalu ke atas. Carilah dinding yang tertarik ke belakang, beton yang mungkin telah hancur, lubang yang terbuka, pintu dan jendela yang tersumbat, ventilasi knalpot yang tidak aman di loteng. 

Selanjutnya, gunakan perangkap tradisional untuk memastikan tikus yang tersisa tidak berkembang biak.

Pilihan bahan kimia dapat membunuh tikus, tapi tikus akan lari dan mati di dalam rumah dan Anda mungkin tidak akan bisa menemukannya.  

Baca juga: Cara Memasang Ventilasi Loteng dan Manfaatnya untuk Rumah

Rayap

Selanjutnya, hama yang bersembunyi di loteng rumah adalah rayap. Sciortino mengatakan rayap menyukai loteng terutama karena banyaknya kayu kosong. 

Rayap terutama tertarik pada kayu yang membusuk, kayu yang tidak tertutup rapat, atau kayu tua. Tanda-tanda adanya rayap di rumah, di antaranya tumpukan kecil serbuk gergaji dan sayap serangga yang lepas.

Rayap bawah tanah lebih umum ditemukan dan membuat tabung lumpur yang terlihat, yang digunakan untuk mengangkut makanan. 

Baca juga: Cara Membasmi Tikus di Loteng, Dijamin Aman dan Efektif

Serangga penyengat

Ilustrasi lebah madu. Kawanan lebah madu bisa menghasilkan sengatan listrik lebih besar dari awan badai.SHUTTERSTOCK/Maarten Zeehandelaar Ilustrasi lebah madu. Kawanan lebah madu bisa menghasilkan sengatan listrik lebih besar dari awan badai.
Serangga penyengat, seperti tawon, lebah, dan tawon kuning, menyukai loteng yang kering serta hangat untuk bersarang. 

Pola terbang serangga penyengat ke dan dari atap adalah petunjuk paling jelas bahwa hama ini ada dan selalu ada sedikit dengungan atau nyanyian yang dibuat.

Jika memutuskan menyingkirkan sarang atau sarangnya sendiri, berhati-hatilah. "Kenakan pakaian tebal, seperti denim, jaket, perlengkapan Dickies, dan jaket musim dingin. Pastikan tidak ada kulit yang terlihat atau setidaknya meminimalkannya," saran Sciortino.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com