Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2024, 17:00 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWajan stainless steel atau antikarat menjadi peralatan kesukaan juru masak di dapur karena memiliki sejumlaha manfaat.

Mulai dari, mudah dibersihkan, dapat memanaskan masakan dengan cepat, menahan panas dengan baik, tidak memerlukan peralatan khusus atau perawatan rumit, sampai tahan lama. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel Tanpa Tergores

Karena bahannya tidak reaktif, Anda bisa memasak apa saja menggunakan wajan stainless steel tanpa khawatir permukaannya akan rusak.

Meski dirancang tahan terhadap karat, stainless steel tidak tahan terhadap noda terbakar dan perubahan warna. Penggunaan sehari-hari dapat meninggalkan noda gosong yang membandel pada wajan stainless steel.  

Karena itu, penting mengetahui cara membersihkan wajan stainless steel dengan benar. Dengan bahan-bahan rumah tangga yang mudah ditemukan dan sedikit minyak, wajan  karat ini akan mengembalikan hasil akhir yang mengkilap dan bebas noda.

Dilansir pada laman Better Homes and Gardens, Selasa (9/4/2024), berikut cara membersihkan wajan stainless steel

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Stainless Steel agar Tetap Terlihat Baru

Alat dan bahan yang dibutuhkan 

  • Spons nonabrasif.
  • Spatula.
  • Sabun cuci piring. 
  • Baking soda.
  • Cuka putih suling.
  • Pembersih komersial (opsional)

Cara membersihkan noda pada wajan stainless steel 

Ilustrasi wajan stainless steel.Shutterstock/BearFotos Ilustrasi wajan stainless steel.
Sebelum memulai, periksa instruksi pabrik untuk mengetahui tips mencuci yang tepat. Meski banyak jenis peralatan masak yang dipasarkan sebagai peralatan yang aman untuk mesin pencuci piring, wajan stainless steel lebih baik dicuci secara manual.

Untuk menghindari pelengkungan, selalu biarkan peralatan masak mendingin sebelum dibersihkan. Hindari penggunaan alat yang bersifat abrasif (kasar), seperti sabut baja.

Selain itu, penggunaan bahan pembersih yang keras, seperti pemutih atau pembersih oven pada panci baja tahan karat, tidak dianjurkan karena dapat merusak permukaan secara permanen. 

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Stainless Steel agar Tidak Berubah Warna

  • Gosok permukaan wajan

Untuk pembersihan sehari-hari, gosok lermukaan wajan menggunakan spons nonabrasif dan sabun cuci piring, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Kikis sisa makanan yang masih menempel

Jika masih ada sisa makanan yang menempel, isi wajan stainless steal dengan air sabun secukupnya hingga menutupi sisa makanan, lalu didihkan.

Setelah itu, kikis dengan spatula atau sendok kayu. Dengan begitu, sisa makanan akan hilang dengan mudah. Biarkan wajan mendingin, lalu cuci seperti biasa. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Wastafel Dapur Stainless Steel

  • Panaskan dengan campuran air dan soda kue

Kotoran yang lebih keras, seperti makanan atau minyak gosong, memerlukan pembersihan yang lebih abrasif.

Baking soda adalah cara sederhana dan murah untuk membersihkan wajan stainless steel yang gosong. Tambahkan beberapa sendok makan baking sodabke dalam wajan dan air secukupnya untuk menutupi area yang terbakar. Didihkan sampai sebagian besar air menguap

  • Gosok dan bilas

Matikan api dan tunggu sampai wajan stainless steal cukup dingin untuk dipegang. Gosok penumpukan dengan spons nonabrasif dan cuci dengan sabun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com