Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2024, 09:55 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber New Femme

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidangan khas Idul Fitri sering kali menggunakan santan, seperti opor ayam, rendang, dan gulai.

Ketika sedang memasak hidang bersantan tersebut, tak jarang noda santan mengenai pakaian yang dikenakan. Ini membuat pakain kotor dan terlihat tidak menarik. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menghilangkan Noda yang Dilakukan, Bikin Sulit Bersih

Dalam beberapa kasus, noda santan dapat sulit dihilangkan, terutama jika tidak segera ditangani. Untungnya, dengan cara tepat dapat membersihkan noda santan dari pakaian, bahkan lebih mudah.

Dilansir dari New Femme, Kamis, (28/3/2024), berikut empat cara membersihkan noda santan dari pakaian.

Tindakan cepat untuk membersihkan

Langkah pertama membersihkan noda santan adalah bertindak cepat. Tindakan cepat dan tepat ini akan mencegah santan menempel terlalu dalam pada serat kain.

Segera cuci pakaian yang terkena noda santan menggunakan detergen biasa. Selain itu, penting menghindari penggunaan air panas karena dapat membuat noda santan semakin menempel. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Pakaian

Manfaatkan cairan dari bahan alami

Selanjutnya, cara membersihkan noda santan dari pakaian adalah memanfaatkan bahan alami, seperti cuka dan air perasan jeruk nipis.

Kedua bahan ini memiliki sifat penghilang noda yang efektif dan aman digunakan pada berbagai jenis kain.

Caranya, aplikasikan cuka atau perasan jeruk nipis ke area pakaian yang terkena noda santan, diamkan selama lima sampai sepuluh menit, lalu cuci pakaian dengan air dingin dan detergen biasa. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta dari Pakaian

Baking soda dan cuka

Jika noda santan masih sulit dihilangkan, Anda bisa membuat larutan baking soda dan cuka. Baking soda mampu menghilangkan noda, seperti minyak dan lemak. 

Caranya, campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta, kemudian oleskan pada noda santan yang membandel sebelum mencuci pakaian. 

Cuka juga dinilai mampu menghilangkan noda makanan atau minuman ringan. Anda dapat menggunakan cuka putih atau cuka sari apel dengan mencampurnya bersama air sebelum mengoleskannya pada noda santan. 

Baca juga: 5 Bahan yang Efektif Menghilangkan Noda Kuning pada Pakaian Putih

Gunakan teknik pembersihan lembut

Terakhir, cara membersihkan noda santan dari pakaian adalah menggunakan teknik pembersihan lembut.

Pastikan menangani pakaian dengan hati-hati saat membersihkan noda santan. Hindari menggosok secara agresif karena dapat merusak serat kain.

Gunakan teknik pembersihan yang lembut dan air dingin untuk membantu melunakkan sisa-sisa noda santan sehingga dapat menghapus noda secara efektif tanpa merusak kualitas pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com