Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Cat di Pakaian, Pakai Baking Soda

Kompas.com - 10/12/2023, 20:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat bisa menjadi tugas yang berantakan. Meskipun Anda dapat dengan mudah menghilangkan noda cat di lantai atau meja, akan lebih sulit menghilangkan noda cat pada pakaian.

Dikutip dari House Digest, Minggu (10/12/2023), cat meresap ke dalam serat kain sehingga sulit dibersihkan tanpa meninggalkan noda. Namun, baking soda alias soda kue bisa membantu menghilangkan noda cat pada baju dan celana.

Ada banyak manfaat baking soda selain untuk memasak. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau pakaian olahraga hingga mengatasi noda kuning keringat.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Lunturan Warna dari Pakaian Putih

Baking sodaShutterstock Baking soda

"Saat digunakan dalam cucian, soda kue membantu mengatur tingkat pH air cucian dengan menjaganya agar tidak terlalu asam. Noda dan bau sering kali bersifat asam, jadi soda kue bisa menjadi penghilang noda dan pewangi yang efektif," kata Penny Nicholas, pakar pencucian dan pembersihan di Sparkling Penny.

Selain dapat menghilangkan noda yang mudah seperti kotoran atau noda makanan, baking soda juga dapat menghilangkan noda cat pada pakaian.

Cara menghilangkan noda cat di pakaian dengan baking soda

Baking soda akan mengangkat semua jenis noda cat, mulai dari cat akrilik, cat berbahan dasar minyak, cat lateks, hingga cat berbahan dasar air. Satu-satunya hal yang akan berubah adalah suhu air.

Untuk menghilangkan noda, pertama-tama seka sebanyak mungkin cat, sehingga hanya menyisakan serat yang ternoda. Kemudian buat penghilang noda soda kue dengan mencampurkan soda kue dan sedikit air.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Lilin dengan Mudah dan Cepat

Jika Anda mengecat dinding dengan cat berbahan dasar minyak, Anda memerlukan air mendidih untuk menghilangkan noda cat di pakaian.

Campurkan 2 sendok makan soda kue dengan 1 gelas air langsung dari ketel, lalu rendam noda di dalam campuran tersebut. Ini akan membantu menghilangkan noda dan memungkinkan Anda mencucinya di mesin cuci dengan deterjen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com