Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat Terburuk untuk Rumah yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 15/04/2024, 10:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat berperan penting dalam menciptakan tampilan sebuah ruangan.

Warna cat yang tepat dapat membuat ruangan tampak indah, menarik, dan mengundang orang untuk masuk. Warna cat juga bisa menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. 

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Keluarga Kecil agar Lebih Cerah

Sayangnya, banyak pemilik rumah yang tidak terlalu penting menganggapnya, padahal warna cat dapat mempengaruhi nilau jual rumah. 

Banyak yang melakukan asal memilih warna cat. Selama tidak mengecat bagian depan rumah dengan warna hijau kacang atau dapur berwarna pink, hal itu aman-aman saja. 

Namun, kenyataannya warna cat dinding dapat membuat perbedaan besar, baik dari estetika maupun perspektif nilai jual rumah kembali.

Untuk membantu menghindari potensi kesalahan, desainer interior dan agen penjual membagikan warna cat terburuk untuk rumah dikutip dari Best Life Online, Senin (15/4/2024). 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat Eksterior Rumah Menurut Ahli

Warna cerah untuk pintu depan rumah 

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.
Pintu depan rumah adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan orang, jadi sebaiknya selektif dalam memilih warna cat.

Bryson Taggart, agen real estate Opendoor yang memiliki lisensi di Arizona, Utah, dan Idaho, mengacu pada 2023 Home Decor Report menemukan warna cat, seperti kuning, merah, dan teal, adalah pilihan yang paling tidak disukai menurut 48 persen pemilik rumah. 

Sebagai alternatif, 44 persen pemilik rumah mengatakan mereka lebih menyukai warna pintu depan yang netral, seperti putih, abu-abu, abu-abu biru, serta abu-abu hijau. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Warna Cat Eksterior Menurut Ahli

Warna cerah pada eksterior rumah 

Selanjutnya, warna cat terburuk untuk rumah adalah warna cerag pada eksterior. Hindari mengecat seluruh bagian luar rumah dengan warna cat cerah.

Dalam hal ini, data Opendoor menunjukkan warna rumah penting bagi satu dari lima pemilik rumah. Sebanyak 41 persen responden lebih menyukai "warna netral dan hangat" seperti beige, coklat, dan camel, sementara 21 persen memilih "palet kontras tinggi seperti biru tua dengan aksen putih", dan 21 persen lainnya memilih "putih dengan aksen hitam".

Secara khusus, satu warna eksterior yang sebaiknya dihindari adalah kuning. Analisis warna cat yang dilakukan Zillow pada 2018 menemukan penggunaan rona ini, khususnya "kuning krem terang hingga kuning rami" dan "kuning hangat dengan rona dasar coklat", pada eksterior rumah sebenarnya menurunkan nilai jual rumah. 

Pertimbangan paling penting dalam memilih warna cat eksterior adalah tampilan rumah di dekatnya. 

Taggart mengatakan secara umum, warna eksterior rumah harus melengkapi rumah lain di lingkungan sekitar. "Kalau tidak, itu mungkin akan terlihat seperti jempol yang sakit," ucap Taggart. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Rumah Minimalis

Putih di area dengan lalu lintas tinggi 

ilustrasi kamar mandi dengan marmerShutterstock/Followtheflow ilustrasi kamar mandi dengan marmer
Artem Kropovinsky, esainer interior dan pendiri Arsight, mengatakan palet putih bersih mungkin menggoda karena pesona minimalis dan ilusi ruang yang diciptakannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com