Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Warna Cat Eksterior Rumah Menurut Ahli

Kompas.com - 13/04/2024, 16:27 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membangun atau merenovasi rumah, memilih warna cat untuk eksterior atau bagian luar rumah bisa menjadi keputusan rumit.

Pasalnya, warna cat eksterior rumah akan menentukan kesan yang ditampilkan hunian. Warna cat eksterior rumah cenderung berwarna netral yang jauh dari kesan ketinggalan zaman. 

Baca juga: 5 Penyebab Atap Rumah Bocor dan Cara Memperbaikinya

Meski demikian, setiap warna dapat menimbulkan kesan berbeda pada rumah, dari elegan, berani, modern, serta klasik. 

Untuk menentukan warna cat yang cocok, berikut beberapa rekomendasi warna cat eksterior rumah menurut para ahli diilansir dari Architectural Digest, Sabtu (12/4/2024). 

Cara menentukan warna cat eksterior rumah 

Ide warna cat eksterior rumah bergantung pada sejumlah faktor, dari lokasi, luas area, hingga gaya arsitekturnya.

Apa yang cocok untuk vila pinggir laut di iklim hangat belum tentu cocok untuk rumah bergaya gudang perdesaan di hutan, rumah bergaya Victoria di pinggiran kota, atau townhouse di kota.

Pertama, Anda perlu memeriksa apakah ada batasan warna cat rumah di area tersebut, seperti yang mungkin terjadi di distrik bersejarah atau komunitas berpagar.

Anda juga harus mempertimbangkan bahan yang digunakan untuk membangun rumah, seperti batu bata, sirap atau pelapis kayu, batu, atau genteng terakota.

Pertimbangkan juga tetangga agar rumah Anda tidak terlalu menonjol dari rumah mereka, kecuali jika itu tujuannya. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Dapur, Bikin Buruk

Putih 

Ilustrasi rumah putih.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi rumah putih.
Putih adalah warna yang serbaguna dan cocok untuk semua gaya dan desain rumah, seperti klasik dan modern. Namun, cat putih memiliki banyak variasi.

Peter Pennoyer pemilik firma Peter Pennoyer Architect yang bertempat di Miami, Amerika Serikat, mengatakan cat putih dapat memberikan bayangan tajam pada dinding eksterior dan kayu, tetapi memiliki kedalaman lembut yang mencerminkan perubahan cahaya serta cuaca.

Abu-abu

Selanjutnya, warna cat eksterior rumah adalah abu-abu. Ada beragam pilihan warna abu-abu, dari abu-abu terang, abu-abu arang, hingga gelap.

Perbedaan warna tersebut berpengaruh pada efek bisa halus atau tebal, bergantung pada rona yang dipilih.

Christine Gachot dari perusahaan AD100 Gachot Studios, mengatakan untuk tidak takut  memilih opsi yang lebih dalam dan dramatis. 

“Saat ini, kami memiliki beberapa rumah yang dicat dengan warna abu-abu sangat gelap, seperti Black Panther karya Benjamin Moore, yang inspirasinya adalah teknik pembakaran kayu aras Jepang yang disebut shou sugi ban,” ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com