Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Foundation pada Pakaian

Kompas.com - 17/01/2024, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Foundation atau alas bedak menjadi hal penting saat dandan atau makeup. Foundation bertujuan memperbaiki tampilan kulit serta menyamarkan pori-pori dan noda pada wajah.

Namun, ketika sedang makeup, tak jarang terjadi kesalahan, seperti foundation terkena pakaian

Baca juga: 6 Ide Tempat Penyimpanan Makeup di Kamar Tidur

Baik itu berbentuk cair, bubuk, minyak, maupun pigmen dalam alas bedak, foundation dapat meninggalkan noda coklat yang bisa sulit dihilangkan serta memperburuk tampilan pakaian.

Ada dua jenis foundation cair, yakni berbahan dasar minyak maupun non-minyak. Noda foundation berbahan dasar minyak biasanya lebih sulit dihilangkan, tetapi kedua jenis ini dapat ditangani dengan langkah-langkah penghilangan noda yang sama untuk pakaian yang dapat dicuci.

Jika pakaian diberi label dry clean saja, angkat kelebihan cairan dan bawa pakaian ke pembersih profesional sesegera mungkin.  

Nah, disadur dari The Spruce, Rabu (17/1/2024), berikut cara menghilangkan noda foundation pada pakaian. 

Alat dan bahan 

  • Pisau tumpul, sendok, atau kartu kredit lama.
  • Penghilang noda berbasis enzim.
  • Cairan pencuci piring.
  • Detergen dengan daya pembersih yang kuat. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Lunturan Warna dari Pakaian Putih

Gunakan cairan pencuci piring 

Ilustrasi noda foundation pada pakaian.Shutterstock/HalynaRom Ilustrasi noda foundation pada pakaian.
Saat foudation mengenai pakaian, gunakan pisau tumpul, ujung sendok, atau kartu kredit bekas untuk mengangkatnya dari permukaan kain.

Jangan menggosok noda foundation karena akan mendorongnya lebih dalam ke serat kain dan membuatnya lebih sulit dihilangkan.

Oleskan sedikit penghilang noda berbasis enzim atau beberapa tetes cairan pencuci piring pada noda untuk memutus ikatan antara dasar minyak dan kain.

Gunakan jari-jari Anda atau sikat gigi bekas untuk mengoleskan pembersih ke dalam serat dan diamkan setidaknya 15 menit. Cuci pakaian dengan tangan atau mesin cuci dengan mengikuti petunjuk label perawatan.

Periksa area yang terkena noda foundation sebelum memasukkan pakaian ke mesin pengering. Jika noda foundation masih ada, ulangi langkah-langkah pembersihan. Panas yang tinggi dari pengering dapat membuat noda foundation menjadi permanen.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat di Kompor agar Kembali Kinclong

Gunakan pengering rambut 

Selanjutnya, cara menghilangkan noda foundation pada pakaian adalah menggunakan pengering rambut. Jika mengikuti langkah pertama dan menyingkirkan foundation sebelum menempel pada kain, Anda mungkin tidak perlu melakukan banyak hal lagi.

Tahan keinginan membersihkan noda foundation dengan tangan atau kain karena hanya akan menggosok partikel-partikelnya ke dalam serat kain.

Gunakan pengering rambut dengan suhu dingin dan rendah untuk meniup foundation dari permukaan kain.

Jika butiran foundation berada sedikit lebih dalam pada tenunan kain, gunakan rol serat yang lengket untuk mengambilnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com