Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2023, 17:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc


JAKARTA, KOMPAS.com – Kunyit adalah rempah-rempah berwarna kuning yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau jamu tradisional.

Selain itu, warna kuning yang dihasilkan kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna alami. Saat menggunakan kunyit untuk memasak atau membuat jamu, kamu perlu ekstra berhati-hati.

Sebab, saat kunyit mengenai pakaian maupun peralatan di rumah, maka warna kuningnya akan menempel dan tidak mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Baju, Bisa Pakai Soda Kue

Meski demikian, noda kunyit tetap bisa dibersihkan. Kamu bisa membersihkan noda kunyit menggunakan bahan pembersih yang ada di rumah.

Dilansir dari Livspace, Selasa (7/11/2023), berikut ini tips membersihkan noda kunyit dengan efektif.

Bersihkan dengan larutan soda kue

Baking sodaShutterstock Baking soda

Soda kue sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pembersih. Bahan dapur ini ternyata bisa menghilangkan berbagai jenis noda, tak terkecuali noda kunyit.

Caranya cukup dengan mencampurkan soda kue dalam air atau cuka untuk mendapatkan hasil terbaik. Aduk campuran bahan tersebut sampai berbentuk pasta.

Kemudian, oleskan ke area yang bernoda dan diamkan selama beberapa menit. Lanjutnya dengan membersihkan menggunakan kain bersih.

Baca juga: Cara Cepat Menghilangkan Noda Kunyit di Kuku dan Kulit

Menghilangkan noda kunyit dengan cuka atau lemon

Cuka atau lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan noda kunyit. Caranya dengan mencampurkan bahan tersebut dalam air.

Lalu, gunakan untuk membersihkan noda kunyit. Biarkan noda terserap dalam larutan pembersih. Kemudian, bersihkan menggunakan kain bersih atau sikat wol.

Cara membersihkan noda kunyit pakai detergen cair

Jika noda kunyit menempel pada furnitur, maka kamu bisa membersihkannya menggunakan detergen cair.

Cukup teteskan detergen cair pada area yang bernoda dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian, gosok permukaan bernoda menggunakan spon. Lalu, bersihkan sisa detergen dengan kain bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Peralatan Masak

Cara menghilangkan noda kunyit menggunakan pasta gigi

Pasta gigi tak hanya berfungsi untuk membersihkan gigi dan mulut. Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan noda kunyit.

Ilustrasi pasta gigi. PIXABAY/BRUNO Ilustrasi pasta gigi.

Oleskan sedikit pasta gigi pada area yang bernoda kemudian diamkan selama lima menit. Sebelum digosok, encerkan sedikit pemutih dan gosok pada area yang bernoda.

Tujuannya agar noda bisa bersih dengan maksimal. Setelah itu, gosok menggunakan spons atau sikat lembut dan bersihkan secara menyeluruh.

Tips membersihkan noda kunyit pakai bahan pembersih serbaguna

Bahan pembersih serbaguna banyak dijual di pasaran. Kamu bisa membelinya di supermarket atau toko bahan pembersih terdekat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Panci

Cukup tuangkan bahan pembersih pada area yang bernoda sesuai dengan anjuran pada kemasan. Kemudian, lap dengan kain bersih atau spons. Terakhir, bilas dengan kain bersih untuk menghilangkan sisa bahan pembersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com