Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2024, 14:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikmati makanan bersama sambal merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang sulit ditinggalkan. Makanan pedas banyak disukai karena rasanya nikmat dan bikin ketagihan.

Saat menikmati sambal, terkadang tanpa sengaja sambal tersebut mengenai pakaian yang sedang dikenakan. Noda sambal yang menempel di pakaian membuat tampilan pakaian menjadi kotor dan kurang menarik. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Pakaian

Sama seperti noda lainnya, noda sambal juga bisa dibersihkan menggunakan bahan pembersih yang mudah ditemukan. Dikutip dari Heat Supply, Senin (1/4/2024), berikut cara menghilangkan noda sambal di pakaian. 

Kikis sambal yang menempel di pakaian secepat mungkin

Noda sambal pada pakaianShutterstock/HalynaRom Noda sambal pada pakaian

Jika melihat ada sambal yang menempel di pakaian, segeralah mengikis sambal menggunakan sendok, pisau, kertas, atau benda apapun yang bisa mengangkat sambal di pakaian. 

Langkah ini diperlukan agar noda tidak mengerak dan sulit dibersihkan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Detergen di Pakaian

Bersihkan menggunakan soda kue dan air dingin

Untuk menyerap sebagian minyak dari noda, taburkan sedikit soda kue ke seluruh permukaan noda. Lalu, diamkan minimal 15 menit dan balikkan bagian dalam pakaian dan bilas bagian belakang noda. 

Membilas dari bagian belakang akan menghilangkan minyak dari kain tanpa menyebarkan noda. Bilas dengan air dingin yang mengalir. 

Cara ini mungkin tidak akan menghilangkan noda secara menyeluruh, namun bisa memudahkan proses pembersihan selanjutnya. Jika tidak memiliki soda kue, maka bisa diganti dengan tepung maizena.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Saus dari Pakaian

Tuangkan detergen cair di area bernoda

Cara menghilangkan noda sambal di pakaian selanjutnya yaitu menuangkan detergen cair di area bernoda. Tuangkan sedikit detergen cair dan gosok perlahan. 

Lalu, tunggu sekitar tiga hingga lima menit. Balikkan bagian dalam pakaian, lalu bilas noda dengan air dingin yang mengalir. 

Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa. Jangan gunakan sabun batangan atau bubuk pencuci karena perlu digosok terus menerus, sehingga kurang efektif dan efisien. 

Bersihkan menggunakan alkohol gosok

Ilustrasi membersihkan noda sambal pada pakaianShutterstock/Kabardins photo Ilustrasi membersihkan noda sambal pada pakaian

Jika ingin membersihkan noda sambal dengan cepat, gunakan alkohol gosok. Oleskan alkohol gosok menggunakan tisu bersih. 

Lakukan terus menerus sampai noda hilang, namun pastikan pakaian segera dikeringkan setelahnya. Selain menggunakan alkohol gosok, cuka putih juga bisa digunakan untuk membersihkan noda sambal di pakaian. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Saus Tomat pada Pakaian dan Karpet

Cuci pakaian di dalam mesin cuci

Terakhir, cara menghilangkan noda sambal di pakaian yaitu mencuci pakaian di dalam mesin cuci. Masukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan jalankan siklus pencucian menggunakan air dingin. 

Dengan mencuci menggunakan air dingin, maka noda tidak akan menempel ke bagian lain. Setelah selesai dicuci, keringkan pakaian di mesin pengering atau dijemur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com