Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kucing Toyger yang Mirip Harimau, Tertarik Memeliharanya?

Kompas.com - 01/04/2024, 11:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyger adalah kucing berbulu pendek berukuran sedang dengan bulu bergaris-garis layaknya harimau.

Kucing Toyger yang dikembangkan di Amerika Serikat pada 1980-an awalnya sangat langka dan tetap menjadi salah satu ras kucing terbaru yang paling unik. 

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Mana Kesukaan Anda?

Sebagian besar daya tarik Kucing Toyger terletak pada penampilannya yang seperti harimau liar, tetapi tetap merupakan kucing jinak.

Toyger adalah ras kucing menawan dengan kepribadian ceria dan cerdas. Kucing Toyger memiliki kepribadian yang dikenal baik, ramah, serta mudah bergaul. 

Kucing Toyger dapat menjadi tambahan bagus untuk keluarga yang memiliki anak-anak atau mereka yang mengingikan hewan peliharaan yang siap bermain dan menawarkan kasih sayang.

Jika mencari kucing yang memiliki komitmen di bawah rata-rata dalam berolahraga, tingkat energi Toyger mungkin tidak cocok untuk Anda.

Kecerdasan kucing Toyger membuatnya rentan terhadap kebosanan, jadi waktu bermain sangatlah penting. Toyger dapat dilatih dan diajari untuk melakukan berbagai trik. 

Baca juga: 9 Ras Kucing yang Sudah Jarang Ditemukan di Dunia

Sejarah kucing Toyger

Ilustrasi kucing Toyger.Shutterstock/Kutikova Ekaterina Ilustrasi kucing Toyger.

Sama dengan ras kucing lainnya, kucing Toyger juga memiliki sejarah panjang.

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (1/4/2024), pada 1980-an, sejarah kucing Toyger dimulai dari peternak Judy Sugden (putri dari peternak kucing Bengal asli, Jean Mill) bekerja dengan mackerel tabby, kucing yang memiliki ciri khas belang-belang liar dan tanda "M" di dahinya.

Sugden menyadar kucing Bengal miliknya, Millwood Sharp Shooter, memiliki bintik-bintik bulat di kepala, bukan bentuk "M" yang khas.

Bintik-bintik tersebut memicu kesadaran bahwa mendesain kucing domestik yang sangat mirip dengan harimau berada dalam jangkauan Sugden.

Sugden kemudian memulai program pengembangbiakan dengan menggunakan dua ekor kucing, yakni Scrapmetal, seekor kucing domestik berbulu pendek, dan Millwood Rumpled Spotskin, seekor kucing Bengal bertulang besar. 

Baca juga: 4 Cara Aman Memelihara Kucing bagi Anda yang Alergi

Pada 1993, Sugden mulai mengimpor Jammie Blu, yakni seekor kucing jalanan dari Kashmir, India, dengan ciri khas bercak yang tidak biasa di antara kedua telinganya). 

Kemudian menambahkan kucing tersebut ke dalam kelompok pengembangbiakan dan mempercepat program tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com