Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Paling Populer di Dunia, Ada Persia hingga Main Coon

Kompas.com - 18/12/2023, 07:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras kucing di dunia dengan berbagai karakteristik dan penampilan yang berbeda.

Misalnya, Cat Fanciers’ Association (CFA) mengakui ada sekitara 45 ras kucing di dunia, sementara Asosiasi Kucing Internasional (TICA) mengakui 73 ras kucing. 

Baca juga: 10 Ras Kucing Berbulu Halus yang Menggemaskan, Ada Persia dan Ragdoll

Namun, setidaknya, hanya ada beberapa ras kucing paling populer di dunia dan banyak dipelihara di kalangan pencinta hewan ini.

Entah itu karena karakteristik fisiknya yang unik, penampilannya dalam film, atau kepribadiannya yang penuh kasih sayang, kucing-kucing telah meninggalkan kesan positif serta abadi bagi para penggemar kucing di seluruh dunia.

Kucing bisa berupa kucing domestik, ras murni, atau hibrida. Kucing domestik tidak memiliki riwayat silsilah keturunan, sedangkan kucing ras murni mempunyai silsilah keturunan, dan kucing hibrida adalah kucing peliharaan yang dikawin silangkan dengan varietas kucing liar. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Senin (18/12/2023), berikut sejumlah ras kucing paling populer di dunia.  

Baca juga: 8 Ras Kucing yang Aman Dipelihara Mereka yang Memiliki Alergi

Siamese

Ilustrasi kucing Siamese.Shutterstock/Stockorm Ilustrasi kucing Siamese.
Populer sejak abad ke-19, ras kucing ini berasal dari Thailand (sebelumnya dikenal sebagai Siam). Siamese telah menjadi ras dasar untuk Oriental shorthair, Sphynx, dan Himalaya.

Sebagian besar kucing Siamese memiliki tanda berbeda yang disebut "titik", yang merupakan area warna pada wajah, telinga, kaki, dan ekor.

Dua jenis kucing Siamese memiliki kepala berbentuk "apel" dan tubuh lebih gemuk, sedangkan jenis lainnya memiliki kepala lebih besar dan tubuh ramping.

Film animasi Disney Lady and the Tramp menampilkan kucing Siamese yang menyanyikan sebuah lagu, yang menunjukkan kecerdasan dan kemampuan vokal mereka.

Banyak kucing Siam yang berasal dari Thailand memiliki ekor berbelit-belit, sebuah sifat yang dibiakkan pada sebagian besar kucing Siam, tetapi Anda masih dapat melihatnya pada kucing jalanan di Thailand. 

Baca juga: Kenalan dengan Kucing Peliharaan Anies, Prabowo, dan Ganjar, Mana Paling Lucu?

Persia

Selanjutnya, ras kucing paling populer adalah Persia. Kucing Persia dikenal sebagai salah satu kucing "wajah rata", kucing Iran, atau kucing Shiraz (dinamai sesuai nama sebuah kota di Iran).

Ras kucing ini memiliki bulu indah dan panjang, hadir dalam hampir semua warna, dan memiliki wajah datar dibanding sebagian besar ras kucing lainnya.

Kucing Persia ditampilkan dalam banyak film, karya seni, dan iklan, dan telah menjadi salah satu ras kucing paling populer selama beberapa dekade.

Namun, bulu kucing Persia membutuhkan perawatan rutin. Jika tidak, akan timbul bulu kusut. Seperti halnya ras kucing murni lainnya, Persia rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk masalah ginjal dan jantung. 

Baca juga: 10 Ras Kucing Berumur Panjang, Mana yang Ingin Anda Pelihara?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com