Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kucing Memakan Kotoran dan Cara Menghentikannya

Kompas.com - 15/11/2023, 09:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing terkenal dengan tingkahnya yang aneh dan menggemaskan, salah satunya memakan kotoran.

Tentu saja, perilaku ini membuat jijik, membingungkan, dan membuat pemilik kucing bertanya-tanya. Lantas, mengapa kucing memakan kotoran?  

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ragam Tanda Kucing Hamil

Ada beberapa penyebab kucing memakan kotoran, dari rasa ingin tahu, bosan, hingga masalah medis.

Memakan kotoran tentu bisa menimbulkan bahaya bagi kucing, seperti berisiko mengonsumsi pestisida dan racun lainnya, tersedak, kerusakan pada gigi, tenggorokan, atau saluran pencernaan akibat menelan batu atau ranting, dan konsumsi parasit yang hidup di tanah.

Maka itu, ketika melihat kucing peliharaan memakan kotoran, segera menghentikannya dan menghubungi dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan serta mengatasi masalah tersebut. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (15/11/2023), berikut penyebab kucing memakan kotoran dan cara menghentikannya. 

Baca juga: Penyebab Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan dan Cara Menghentikannya

 

Alasan medis

  • Anemia 

Ilustrasi kucing Scottish putih.Shutterstock/otsphoto Ilustrasi kucing Scottish putih.
Dalam beberapa kasus, kucing memakan kotoran atau sampah ketika mengalami anemia. Anemia dapat berhubungan dengan kurangnya nutrisi dalam makanan kucing atau gejala penyakit yang lebih serius.

Anemia merupakan gejala dari penyakit lain dan terjadi ketika tidak ada cukup sel darah merah atau hemoglobin yang sehat di dalam darah.

Hemoglobin adalah komponen utama sel darah merah dan bertugas membawa oksigen. Ketika kurang hemoglobin, sel-sel tubuh tidak dapat memperoleh oksigen yang cukup, sehingga tidak dapat bekerja baik. 

Baca juga: Bolehkah Kucing Minum Kopi? Ini Penjelasannya

  • Kekurangan nutrisi

Selanjutnya, penyebab kucing memakan kotoran adalah kekurangan nutrisi dan vitamin dalam makanannya. Pertimbangkan beralih ke makanan yang menawarkan nutrisi lebih lengkap. 

Cara terbaikmemberikan makanan yang telah tersertifikasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing peliharaan berdasarkan uji coba makanan AAFCO. Sertifikasi ini akan dicantumkan pada kantong makanan.

Apa pun cara yang dipilih, pastikan kucing peliharaan mendapatkan makanan yang seimbang. Hindari memberikan terlalu banyak camilan karena dapat membuat pola makannya tidak seimbang.

Jika mengganti merek makanan yang berbeda, perkenalkanlah secara bertahap agar tidak mengganggu pencernaan kucing peliharaan. 

Baca juga: 8 Penyebab Kucing Mati Mendadak yang Perlu Diwaspadai

  • Pica

ilustrasi ras kucing dengan warna mara biru.iStockphoto/Kufner-Foto ilustrasi ras kucing dengan warna mara biru.
Pica juga menjadi penyebab kucing memakan kotoran. Pica adalah istilah yang menggambarkan dorongan perilaku untuk memakan bahan yang tidak dapat dimakan.

Pada kucing, benda-benda ini paling sering meliputi kain, bahan elastis, seperti pengikat rambut, karton, kertas, dan plastik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com