Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 17:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKucing adalah hewan karnivora obligat yang artinya mereka harus makan daging. Namun ternyata, ada beberapa jenis buah yang bisa dimakan kucing.

Meski demikian, jumlah buah yang dikonsumsi tidak sebanyak daging. Sebab, buah banyak mengandung gula dan karbohidrat yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan diabetes.

Buah-buahan tidak boleh menjadi makanan utama, hanya diberikan sedikit sebagai camilan sesekali. Secara umum, camilan tidak boleh lebih dari 10 persen dari asupan kalori harian.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Penjelasan Selengkapnya

Buah-buahan juga harus lebih kecil dari jatah camilan kucing. Selain memperhatikan porsi buah yang diberikan, jenis buah yang diberikan ke kucing pun tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (2/10/2023), berikut ini beberapa jenis buah yang bisa dimakan kucing.

Ilustrasi kucing makan buah apel.iStockphoto/Maksim Kirov Ilustrasi kucing makan buah apel.

1. Apel

Apel adalah buah yang aman untuk kucing. Namun, saat memberikan apel ke kucing, pastikan untuk membuat bijinya terlebih dahulu.

Sebab, biji apel mengandung sianida yang akan berbahaya saat tertelan kucing. Selain itu, apel juga perlu dikupas terlebih dahulu dan dipotong kecil agar mudah dimakan kucing.

2. Blueberry

Selain apel, blueberry juga aman untuk kucing. Buah ini rendah kalori dan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Ayam? Simak Penjelasan Ahli

Anda bisa menambahkan blueberry sebagai camilan sesekali atau mencampurkannya dengan makanan kucing. Sebelum diberikan, pastikan blueberry sudah dicuci bersih dan buang bagian batangnya.

3. Blewah

Jenis buah yang bisa dimakan kucing lainnya yaitu blewah. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk kucing dalam jumlah kecil.

Namun, sebelum diberikan ke kucing sebaiknya kupas terlebih dahulu kulit blewah dan buang juga bijinya. Potong buah dengan ukuran kecil agar mudah saat dikonsumsi kucing.

4. Semangka

Semangka juga termasuk buah yang aman untuk kucing. Buah ini cocok diberikan saat cuaca sedang panas karena bisa menghilangkan dehidrasi.

Buang terlebih dahulu biji dan kulit semangka agar kucing tidak tersedak. Kemudian, potong kecil daging semangka dan berikan sebagai camilan.

Baca juga: Jangan Biarkan Kucing Makan Ikan Mentah, Bisa Berisiko

5. Stroberi

Buah berry lainnya yang bisa diberikan untuk camilan kucing yaitu stroberi. Buah ini mengandung gula alami, maka dari itu berikan dalam jumlah sedikit saja.

Cuci buah secara menyeluruh agar residu pestisida hilang. Buang juga batang dan daunnya sebelum diberikan ke kucing.

Kucing makan pisangShutterstock/AMBERLIGHTPHOTO Kucing makan pisang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com