Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2023, 18:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKarpet merupakan salah satu dekorasi rumah yang sering digunakan. Karpet biasanya diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga, maupun kamar tidur.

Karpet bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Selain itu, karpet juga bisa menambahkan tekstur dalam ruangan yang membuat tampilan ruangan terasa serasi dan cantik.

Namun, saat memasang karpet di atas lantas, ada satu masalah yang sering muncul yaitu karpet geser atau berpindah akibat terus menerus diinjak.

Baca juga: Inspirasi Karpet untuk Kamar Tidur yang Membuat Ruangan Lebih Cantik

Perpindahan posisi karpet dari tempat asalnya akan membuat ruangan menjadi tidak rapi. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat karpet tetap berada di tempatnya.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (17/12/2023), berikut tips agar karpet tidak geser dan tetap rapi.

Gunakan alas karpet

Karpet kulit sapi di ruang tamuShutterstock/Dolores Preciado Karpet kulit sapi di ruang tamu

Salah satu cara agar karpet tidak geser yaitu meletakkan alas di bawah karpet. Becca Casey, pemilik dan desainer utama di Becca Interiors mengatakan material alas yang digunakan bisa disesuaikan dengan jenis lantai di ruangan tersebut.

Namun, umumnya alas karpet terbuat dari flanel. Bahan ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran karpet.

Selain itu, bahan ini juga memiliki anti selip yang lembut namun padat, sehingga bisa menjaga karpet tetap berada di tempatnya. Selain itu, alas karpet juga bisa digunakan untuk melindungi lantai, memperpanjang umur pakai karpet, dan mempermudah perawatan karpet.

Baca juga: 4 Warna Karpet yang Harus Dihindari di Rumah

Letakkan karpet berbentuk wafel

Selanjutnya, tips agar karpet tidak geser lainnya yaitu meletakkan karpet berbentuk wafel. Biasanya, karpet ini terbuat dari karet dan dijual dalam bentuk ukuran yang sudah dipotong.

Namun, perlu diketahui bahwa alas karpet ini tidak bisa memberikan kenyamanan yang sama seperti alas dari bahan flanel.

Alas ini akan kehilangan daya rekat seiring bertambahnya masa pakai. Maka dari itu, penting untuk rutin mengganti alas karpet wafel dengan yang baru.

Gunakan penjepit karpet

Menggunakan penjepit karpet juga bisa membuat karpet tetap berada ditempatnya sekaligus membuat sudut karpet tidak melengkung.

Penjepit karpet biasanya dilengkapi dengan perekat yang kuat, sehingga bisa menempel di lantai dengan mudah. Meski merekat dengan kuat, penjepit karpet tidak meninggalkan residu yang sulit dibersihkan seperti selotip.

Bahan penjepit karpet juga cukup tipis, sehingga tidak mengganggu permukaan karpet dan bisa digunakan di berbagai permukaan lantai.

Baca juga: Warna Karpet yang Cocok untuk Ruangan dengan Dinding Warna Hijau

Pasang perekat karpet

Karpet pada ruang bermain anakShutterstock/Ground Picture Karpet pada ruang bermain anak

Mirip seperti penjepit, perekat karpet juga memiliki bagian yang lengket di dua sisi, sehingga bisa membuat karpet menempel di lantai dengan kuat. Perekat berbentuk seperti lakban yang bisa dipotong sesuai dengan ukuran karpet.

Setelah dipotong, perekat bisa ditempelkan di bawah karpet. Perekat ini cocok dipasang di permukaan keras seperti lantai ubin dan laminasi.

Nah, itulah beberapa tips agar karpet tidak geser. Selain membuat ruangan tetap rapi, karpet yang terpasang dengan kuat juga bisa mengurangi risiko kecelakaan saat diinjak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com