Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda kopi dapat tumpah dan mengenai permukaan apa pun, termasuk karpet. Ini bisa menodai karpet yang membuatnya kotor dan berbau.

Maka itu, perlu segera membersihkannya. Untungnya, membersihkan noda kopi pada karpet mudah dilakukan, bahkan noda yang sudah mengering, dengan beberapa langkah sederhana. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Kopi dari Meja Kayu 

Noda kopi pada karpet akan terangkat baik jika bekerja cepat membersihkannya setelah tumpahan terjadi dan mengelap cairan sebanyak mungkin. 

Jangan pernah menggosok noda kopi karena dapat merusak karpet. Selain itu, hindari membasahi karpet karena dapat menembus lapisan bawah karpet dan mendorong pertumbuhan jamur.

Membersihkan noda kopi pada karpet dapat menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang umum digunakan, seperti cuka, baking soda, dan hidrogen peroksida, untuk menghilangkan tanin yang meninggalkan nodahitam serta sisa susu dan krim yang lengket pada karpet. 

Disadur dari The Spruce, Minggu (15/10/2023), berikut sejumlah tiga bahan yang ampuh membersihkan noda kopi pada karpet.  

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Kopi dari Pakaian

Alat dan bahan 

Cara membersihkan noda kopi pada karpet dengan cuka

  • Bersihkan kopi

Ilustrasi membersihkan karpet secara manual tanpa mesin. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi membersihkan karpet secara manual tanpa mesin.
Bersihkan noda kopi sebanyak mungkin menggunakan kain putih bersih. Tekan bagian kain yang baru dan bersih ke atas noda hingga tidak ada lagi kopi yang berpindah ke kain.

Selalu kerjakan dari bagian luar noda ke bagian tengah untuk mencegah penyebarannya. Jangan menggosok karpet karena dapat merusak serat dan bekerja pada noda.

Sebagai gantinya, gunakan gerakan mengeringkan atau menekan tanpa gerakan bolak-balik. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Bahan Rumah Tangga

  • Tambahkan air dingin

Selanjutnya, cara membersihkan noda kopi pada karpet adalah menambahkan air dingin.  Tuangkan sedikit air dingin ke atas noda kopi untuk mengencerkannya.

Setelah itu, tepuk-tepuk semua cairan menggunakan kain putih bersih yang baru. Jika menangani tumpahan yang lebih banyak, ulangi proses ini setidaknya dua kali. Lanjutkan setelah sedikit atau tidak ada noda kopi yang berpindah ke kain.

Jangan sampai karpet terlalu basah. Anda mencoba mengencerkan kopi, tetapi harus dapat menyerap kelembapan dengan kain. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Noda Kopi pada Karpet dengan Bahan Alami

  • Oleskan penghilang noda karpet DIY

Ilustrasi membersihkan karpet. SHUTTERSTOCK/B-D-S PIOTR MARCINSKI Ilustrasi membersihkan karpet.

1. Campurkan satu sendok makan cuka putih dan satu sendok makan sabun cuci piring dengan 473 mililiter air hangat dalam wadah kecil atau mangkuk, lalu aduk rata dengan sendok.

2. Celupkan kain putih bersih ke dalam campuran tersebut dan tepuk-tepuk ke noda kopi, dari bagian pinggir ke tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com