Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 09:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehamilan tak hanya dialami dan menjadi momen menyenangkan bagi manusia, tapi juga kucing peliharaan, tepatnya kucing betina. 

Tentu saja, kehadiran anak-anak kucing yang lucu dan menggemaskan ini akan menambahkan kebahagiaan di rumah. Sayangnya, kehamilan pada kucing kerap tidak disadari banyak pemilik. 

Baca juga: Penyebab Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan dan Cara Menghentikannya

Kucing yang hamil akan mengalami beberapa perubahan fisik dan kepribadian dalam beberapa minggu setelah kawin.

Jika kucing peliharaan baru saja berahi dan memiliki akses ke kucing jantan yang belum dikebiri, kemungkinan besar kucing betina hamil.

Anak kucing dapat mencapai kematangan seksual dan berahi saat berusia empat bulan. Berbeda dengan manusia, kucing tidak mengalami menopause yang menyebabkan hilangnya kesuburan.

Kucing dapat terus berahi, hamil, dan melahirkan anak kucing sepanjang hidupnya. Jika Anda tidak memiliki kucing ras murni yang akan digunakan untuk berkembang biak, sebaiknya kucing dimandulkan sedini mungkin untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. 

Baca juga: 8 Penyebab Kucing Mati Mendadak yang Perlu Diwaspadai

Tanda-tanda kucing hamil 

Ilustrasi kucing hamil.Shutterstock/Faroe Ilustrasi kucing hamil.
Kucing hamil akan menunjukkan perubahan fisik dan kepribadian yang akan semakin jelas terlihat sekitar tiga minggu setelah kawin. 

Masa kehamilan kucing berlangsung selama 64-66 hari. Anda dapat mempertimbangkan 63 hari atau sembilan minggu sebagai rata-rata masa kehamilan kucing. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (14/11/2023) berikut sejumlah tanda kucing hamil atau perubahan fisik yang terjadi saat kehamilan. 

  • Siklus berahi berhenti

Ini merupakan tanda kucing hamil yang tidak disadari. Jika seekor kucing mengalami siklus birahi setiap 10 hari hingga dua minggu dan tiba-tiba berhenti, kemungkinan besar kucing hamil. 

Baca juga: Alasan Anjing Memakan Kotoran Kucing, Berbahayakah?

  • Puting susu membengkak dan menjadi lebih pink 

Selanjutnya, tanda kucing hamil adalah puting susu membengkak dan menjadi lebih pink. Ini merupakan tanda visual pertama yang akan Anda lihat pada kucing yang sedang hamil.

Hal ini biasanya terjadi sekitar tiga minggu setelah kehamilan. Mungkin ada sedikit cairan yang keluar dari putingnya.

  • Perubahan nafsu makan 

Kucing hamil mengalami penurunan nafsu makan di awal kehamilannya. Namun, pada paruh kedua kehamilan, ia akan menunjukkan minat yang lebih besar terhadap makanan.

Bagaimanapun juga kucing hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk beberapa anak kucing yang akan lahir. 

Baca juga: Ketahui, Ini Perkembangan Anak Kucing dalam Enam Minggu Pertama

  • Berat badan bertambah 

Pyometra membuat perut membesar, sehingga kucing sering dikira hamil.Shutterstock/Natalya Erofeeva Pyometra membuat perut membesar, sehingga kucing sering dikira hamil.
Tanda kucing hamil berikutnya adalah berat badan bertambah.  Sebagian besar kucing hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar satu hingga dua kilogram selama masa kehamilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com