Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini 6 Ciri-ciri Kucing Betina Sedang Berahi

Kompas.com - 26/09/2023, 14:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Saat kucing betina sedang berahi, maka hewan berbulu ini akan menunjukkan perilaku yang berbeda dengan biasanya.

Biasanya, kucing betina akan mengalami berahi saat berumur 4 hingga 12 bulan atau tergantung pada ras, kesehatan, dan umurnya. Siklus berahi ini bisa terjadi apabila kucing belum dimandulkan.

Kucing yang sedang berahi akan mengalami perubahan fisik yang bisa mempengaruhi perilakunya. Kadar hormon pada kucing yang sedang berahi memang tidak bisa diukur, namun ciri-ciri kucing betina sedang berahi bisa dengan mudah dikenali.

Baca juga: Kenali, Ini 6 Tanda Kucing Betina Berahi

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (26/9/2023), berikut tanda kucing betina sedang berahi yang penting untuk diketahui.

Menunjukkan kasih sayang

Kucing betina yang sedang berahi biasanya akan menunjukkan rasa kasih sayangnya. Teman bulu biasanya akan mengibaskan atau menggosokkan ekornya ke furnitur, benda-benda di rumah, atau bahkan ke kucing lain.

Ilustrasi kucing betinaUnsplash/Alyona Bogomolova Ilustrasi kucing betina

Selain mengangkat ekornya, kucing yang ingin kawin juga biasanya sesekali mengambil posisi kawin. Apabila Anda mendapati tanda kucing mengalami kesakitan saat menggosokkan ekornya, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan.

Menjilat alat genital

Ciri-ciri kucing betina sedang berahi lainnya yaitu akan menghabiskan waktu untuk menjilati area genitalnya. Meskipun demikian, menjilati alat genital juga bisa menjadi gejala adanya gangguan pada saluran kemih.

Baca juga: Kucing Mau Kawin? Ini Cara Mengatasi Kucing Betina yang Sedang Berahi

Apabila kucing hanya menunjukkan tanda-tanda ini, tanpa diikuti dengan ciri kucing sedang berahi lainnya, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter hewan.

Bersuara keras dan menunjukkan posisi kawin

Kucing yang berahi cenderung bersuara keras yang berlangsung selama beberapa hari. Selain itu, kucing juga akan menunjukkan posisi kawi yaitu kepala menunduk, kaki dan di tekuk, kaki belakang diangkat, dan ekornya terangkat atau dipegang ke samping tubuh.

Postur ini dikenal dengan nama lordosis. Saat melakukan posisi tersebut, biasanya kaki belakang akan berirama seolah-olah berjalan di tempat.

Menandai wilayahnya

Saat seperti kucing jantan, kucing betina berahi juga akan menandai wilayahnya menggunakan air seni.

Perilaku ini mungkin akan mengganggu kenyamanan Anda karena bisa menimbulkan aroma tak sedap di sekitar rumah. Akan tetapi, perilaku ini normal terjadi saat kucing sedang berahi.

Baca juga: Ketahui Tanda-tanda Kucing Sedang Berahi

Ilustrasi kucing betinaiStockPhotot/LewisTsePuiLung Ilustrasi kucing betina

Kehilangan selera makan

Ciri-ciri kucing betina sedang berahi juga bisa dilihat dari penurunan nafsu makan yang nyata. Hal ini ternyata jadi kucing akan fokus pada keinginannya untuk bereproduksi, bukan makan.

Meskipun demikian, tak perlu risau karena perilaku ini tidak berlangsung lebih dari dua minggu. Namun, jika kucing tidak makan sama sekali selama masa berahi, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan kucing ke dokter hewan.

Melarikan diri

Saat berahi, kucing akan berusaha mencari pasangan. Selama ini, tidak menutup kemungkinan kucing akan kabur dan tidak diketahui pasti kapan akan pulang ke rumah.

Baca juga: Ini Tanda Kucing Betina Sedang Berahi

Maka dari itu, saat mengetahui kucing sedang berahi, segeralah untuk menutup seluruh akses kucing keluar. Sangat dianjurkan untuk mengalihkan perhatiannya dengan mengajak bermain atau memberikan permainan kesukaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com