Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kucing Betina Berahi? Ini Tahapan Siklusnya

Kompas.com - 05/04/2024, 16:59 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing betina akan mengalami siklus birahi atau estrus ketika menginjak usia enam sampai 10 bulan. 

Hal ini berarti kucing betina sudah secara fisiologis siap untuk kawin dan hamil. Kucing betina mengalami berahi untuk berkembang biak atau menghasilkan keturunan. 

Baca juga: Kenapa Bulu Kucing Hitam Berubah Warna? Ini 4 Penyebabnya

Menurut Dr Jamie Lovejoy, dokter hewan di Stack Veterinary Hospital, Amerika Serikat, umumnya, kucing berahi mulai dari usia lima hingga sembilan bulan.

Namun, beberapa kucing mungkin sudah mengalami berahi sejak usia tiga hingga empat bulan, sementara yang lain  baru mengalaminya pada usia 18 bulan.

Kapan kucing mulai berahi sangat bervariasi, tergantung pada ras, berat badan, dan faktor-faktor lainnya, termasuk bagaimana kucing tersebut tumbuh. 

Berapa lama kucing betina berahi?

Ilustrasi kucing hamil.Shutterstock/Natalya Erofeeva Ilustrasi kucing hamil.
Dikutip dari Pet MD, Jumat (5/4/2024), tahap kucing betina berahi meliputi beberapa fase yang menandakan kesiapannya untuk kawin dan kemungkinan hamil.

Berikut sejumlah tahapan siklus kucing betina berahi. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kucing Himalaya dan Persia

  • Proestrus

Tahap pertama kucing betina berahi disebut proestrus, yakni kadar estrogen mulai naik. Tahap ini umumnya berlangsung selama satu atau dua hari dan tidak ada gejala proestrus yang terlihat pada manusia.

Pada fase ini, kucing betina mulai menunjukkan minat pada kucing jantan meski belum sepenuhnya siap untuk kawin.

Beberapa kucing betina biasanya lebih manja dan menunjukan perilaku menggosok-gosokkan kepala serta leher ke benda di sekitarnya selama tahap proestrus. 

Baca juga: 7 Tanda Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

  • Estrus

Selanjutnya, tahap siklus kucing betina berahi adalah estrus. Tahap ini bisa berlangsung selama satu hingga dua minggu, kucing sudah siap untuk kawin.

Durasi tahap ini dapat bervariasi, tergantung pada apakah kucing betina kawin atau tidak.

Kucing betina kemungkinan akan menunjukkan tanda-tanda yang lebih mencolok selama tahap estrus ini, seperti berguling-guling di lantai, bersuara keras atau mengeong, menggosok-gosokkan tubuh pada benda, dan duduk dengan pantat terangkat di lantai.

Beberapa kucing juga mungkin mengalami penurunan nafsu makan dan lebih manja terhadap pemiliknya. Tahap estrus juga merupakan waktu yang cocok untuk kucing betina kawin dengan kucing jantan. 

Baca juga: Mengenal Kucing Toyger yang Mirip Harimau, Tertarik Memeliharanya?

  • Interestrus atau metestrus

Ilustrasi kucing Scottish putih.Shutterstock/otsphoto Ilustrasi kucing Scottish putih.
Interestrus dan metestrus adalah periode waktu di antara siklus estrus pada kucing betina. Kucing betina dianggap sebagai ovulator terinduksi, yang berarti ovariumnya hanya melepaskan sel telur jika berhubungan seksual dengan kucing jantan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com