Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kucing Himalaya dan Persia

Kompas.com - 04/04/2024, 08:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing Persia dan Himalaya adalah dua dari banyak ras kucing yang memiliki penampilan lucu, cantik, dan menggemaskan. 

Baik kucing Himalaya maupun Persia, keduanya banyak dijadikan hewan peliharaan di rumah-rumah serta hewan pendamping yang luar biasa. 

Baca juga: 7 Tanda Kucing Hamil dan Cara Merawatnya

Namun, banyak orang yang masih bingung dan sulit membedakan antara kucing Persia dan Himalaya. Tak jarang, beberapa orang menganggap kedua ras kucing ini sama.

Padahal, kucing Himalaya dan kucing Persia berbeda, dari penampilan, karakteristik, hingga asal usul. 

Lantas, apa saja perbedaan kucing Himalaya dan Persia?

Untuk menghindari kekeliruan, berikut sejumlah perbedaan kucing Himalaya dan Persia dilansir dari Hepper, Kamis (4/4/2024),. 

Asal usul 

Ilustrasi kucing Persia.Shutterstock/Szatkowski Patryk Ilustrasi kucing Persia.
Kucing Persia adalah ras berbulu panjang yang pertama kali didokumentasikan pada 1600-an di Persia, negara yang sekarang menjadi Iran.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana asal usul kucing Persia bisa memiliki bulu panjang karena tidak ada kucing liar Afrika yang berbulu panjang, yang diyakini sebagian besar ahli sebagai nenek moyang kucing rumahan. 

Sedangkan itu, asal usul kucing Himalaya tak jauh dari kucing Persia. Kucing Himalaya merupakan ras campuran yang menggunakan ras kucing Persia dan Siam sebagai induknya.

Kucing Persia itu berasal dari Iran modern dan kucing Siam dari Thailand modern.

Para ilmuwan dari Swedia menciptakan kucing Himalaya pada 1920an dan mendapatkan popularitas yang signifikan pada 1950-an.

Popularitasnya berlanjut hingga saat ini karena merupakan salah satu ras kucing yang paling dicari. Campuran ini memungkinkan kucing menderita lebih sedikit masalah kesehatan sekaligus beradaptasi dengan lebih banyak iklim. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kucing Menggaruk Sofa 

Penampilan 

Ilustrasi kucing Himalaya.Shutterstock/Melody's photography Ilustrasi kucing Himalaya.
Selanjutnya, perbedaan kucing Himalaya dan Persia terletak pada penampilannya. Kucing Persia memiliki kaki dan tubuh pendek serta lebar.

Kucing Persia terkenal dengan bulu panjang dan ekor lebat dengan bulu lebih sedikit di sekitar bahu serta telinga lebih lancip dibanding kerabatnya, Anggora

Kucing Persia hadir dalam berbagai pola warna, termasuk warna solid, perak dan emas, biru kehitaman, cream, kulit penyu, tabby, dan calico.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com