Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangga bisa dibilang buah yang serbaguna lantaran dapat diolah dalam berbagai cara, dari menjadi salad, dibuat menjadi manisan, dikonsumsi utuh, diolah menja minuma jus yang segar, hingga menjadi sambal.

Selain itu, mangga juga memiliki rasa yang nikmat serta kaya kandungan vitamin dan mineralnya yang berlimpah. 

Baca juga: Cara Menanam Mangga dari Biji

Sayangnya, mangga dapat meninggalkan noda kuning pada pakaian, karpet, dan kain pelapis jika tidak sengaja jatuh ketika menyantapnya.

Hal ini karena kandungan tanin dalam mangga, yaitu senyawa tanaman yang dapat meninggalkan noda kekuningan pada kain.

Untungnya, membersihkan noda mangga dari pakaian mudah dilakukan. Anda hanya memerlukan barang-barang rumah tangga yang mungkin sudah dimiliki.

Sebelum memulai

Konsumsi mangga saat demam atau badan panas sangat dianjurkan karena mengandung banyak air.SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H Konsumsi mangga saat demam atau badan panas sangat dianjurkan karena mengandung banyak air.
Kikis bagian mangga yang padat dengan hati-hati dan bersihkan area tersebut dengan lembut menggunakan serbet atau kain yang telah dibasahi air.

Namun, hindari menekan-nekan noda. Jika dapat membilas pakaian dengan air dari sisi sebaliknya, lakukanlah. Mengeringkan dan menyiram dengan air akan memperlambat noda mangga mengeras.

Noda tanin, seperti mangga, bisa sulit dihilangkan dari kain dan karpet setelah mengering. Noda mangga yang mengendap bisa memerlukan beberapa kali perawatan.

Jika menggunakan peralatan cuci kering di rumah, atasi noda mangga dengan penghilang noda yang disediakan sebelum memasukkan pakaian ke dkantong pengering. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mencangkok Tanaman Mangga? Ini Penjelasannya

Cara menghilangkan noda mangga dari pakaian

Sama dengan noda buah lainnya, sangat penting membersihkan noda mangga dari pakaian sesegera untuk menghilangkan tanin yang menyebabkan noda pada kain. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Minggu (5/11/2023), berikut cara menghilangkan noda mangga dari pakaian

  • Menghilangkan noda pada dan cairan dari mangga

Bersihkan sisa daging buah mangga dari kain dengan pisau tumpul atau ujung sendok. Jangan mengelap dengan kain karena hanya akan mendorong noda lebih dalam ke serat kain.

Jika noda adalah jus mangga, cukup tepuk-tepuk dengan handuk putih kering atau tisu untuk menyerap kelembapan sebanyak mungkin. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Buah Mangga Pecah di Pohon

  • Siram area yang terkena noda

Ilustrasi mangga alpukat.SHUTTERSTOCK/NEELAKANDI Ilustrasi mangga alpukat.
Selanjutnya, cara menghilangkan noda mangga dari pakaian adalah menyiram area pakaian yang terkena noda.

Siram bagian yang terkena noda mangga dengan air dingin dari bagian belakang kain. Pegang pakaian yang terkena noda mangga di bawah keran dengan air dingin yang mengalir dengan kekuatan penuh. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com