Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Ikon Palestina, Ini Cara Menanam Semangka dari Biji

Kompas.com - 03/11/2023, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Emoji semangka ramai berseliweran di berbagai platform media sosial, dari Twitter, Instagram, TikTok, hingga Facebook. 

Emoji semangka merupakan bentuk dukungan kepada Palestina yang terus mendapat gempuran senjata dari Israel sejak Minggu (8/10/2023). Emoji semangkan digunakan untuk menghindari shadow banned di media sosial.  

Baca juga: 5 Daur Hidup Tanaman Semangka, dari Biji sampai Buah

Rupanya, penggunaan emoji semangka ini bukan tanpa alasan. Buah tropis ini memiliki hubunga dekat dengan Palestina. Semangka adalah buah paling ikonik yang mewakili Palestina.

Pasalnya, buah semangka tumbuh subur di seluruh wilayah Palestina, dari Jenin hingga Gaza. Ditambah lagi, semangka memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. 

Tak heran, buah semangka digunakan untuk memprotes penindasan Israel terhadap Palestina.

Selain di Palestina, semangka tumbuh subur di negara tropis, seperti Indonesia dan Thailand. Semangka adalah buah ikonik musim panas yang kaya air dan rasa yang manis. 

Semangga begitu populer sehingga muncul dalam berbagai bentuk, dari permen, minuman, hingga bahan skincare untuk melembapkan kulit. 

Tidak ada yang bisa menandingi buah besar ini dan sangat mudah mengambil sebungkus biji dan menanam semangka sendiri di rumah. 

Benih semangka (Citrullus lanatus) dapat ditanam langsung di kebun setelah tanahnya menghangat atau ditanam lebih awal di dalam ruangan dalam pot. 

Baca juga: Cara Menyimpan Semangka di Freezer untuk Menjaga Kesegarannya

Kapan menanam benih semangka

Semangka menjadi simbol perlawanan bagi rakyat Palestina.FREEPIK/VALERIA_AKSAKOVA Semangka menjadi simbol perlawanan bagi rakyat Palestina.
Benih semangka membutuhkan tanah hangat untuk berkecambah, jadi tunggu hingga suhu mencapai setidaknya 18 derajat Celsius pada kedalaman 10 sentimeter sebelum disemai. 

Benih semangka akan berkecambah lebih cepat jika tanah bersuhu 21-35 derajat Celsius. Banyak varietas semangka yang tersedia, dari berukuran kecil, bulat, hingga besar, seperti  semangka Black Diamond.

Dalam kebanyakan kasus, semakin besar semangka, semakin lama waktu hingga panen, yang berkisar antara 60-100 hari.

Semangka tidak tahan dingin, jadi periksa kemasan benih dan berikan waktu tumbuh yang cukup untuk memastikan buah matang sebelum musim dingin pertama. 

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Semangka agar Panennya Melimpah

Tempat menanam benih semangka

Semangka tumbuh pada tanaman merambat yang masing-masing menghasilkan dua hingga tiga buah. Tanaman merambat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan buah semangka yang besar dan berat, yang tidak mudah beradaptasi dengan teralis.

Tanaman merambat yang ditinggikan akan patah karena beban, jadi Anda perlu menyisihkan banyak ruang taman hingga 1,8 meter persegi per tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com