Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyakit yang Sering Menyerang Pohon Jeruk dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 05/06/2023, 15:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisa menanam pohon jeruk sendiri di rumah menjadi pengalaman  luar biasa. Namun, tidak peduli seberapa keras Anda merawatnya, terkadang masalah tetap saja muncul.

Ada banyak sekali penyakit yang menyerang pohon jeruk. Semua jenis bakteri atau jamur dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon jeruk. 

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Microwave Pakai Kulit Jeruk

Bahaya lain, seperti kekurangan nutrisi atau hama serangga, juga dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian pohon jeruk.

Memahami semua penyakit ini serta mengikuti prosedur perawatan yang benar merupakan aspek penting dalam merawat semua jenis pohon jeruk.

Meski beberapa penyakit lebih banyak menyerang spesies tertentu, seperti pohon lemon,  dibanding yang lain, penting mengetahui semua penyakit pohon jeruk di luar sana.

Tanaman jeruk mengalami lebih banyak masalah saat menanamnya di daerah dengan kelembapan dan curah hujan tinggi.

Pemangkasan secara teratur sering kali menjadi metode pencegahan yang lebih disukai untuk sebagian besar penyakit. 

Nah, dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (5/6/2023), berikut sejumlah penyakit yang sering menyerang pohon jeruk

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Ditanam dan Tumbuh Subur di Bawah Pohon

Melanose

Ilustrasi pohon jeruk Mandarin. Shutterstock/Vladeep Ilustrasi pohon jeruk Mandarin.
Melanose adalah penyakit pohon jeruk yang umum terjadi dan menciptakan dampak visual alih-alih mempengaruhi kualitas buah.

Jeruk bali sangat rentan terhadap penyakit ini, tetapi buah jeruk muda lainnya juga bisa terkena.

Melanose ditandai dengan adanya lesi kecil dan bintik-bintik yang tidak beraturan pada buah. Bintil-bintil tersebut memiliki tekstur kasar dan biasanya lebih besar pada jeruk bali. Infeksi jamur ini kerap berdampak lebih parah pada pohon yang lebih tua.

Karena spora berkembang pada cabang atau ranting yang mati, sangat penting membuang semua jenis material pohon yang mati untuk melawan melanose. Cara lain mengendalikan penyakit ini adalah menggunakan fungisida tembaga cair.

Melanose bisa menyerang berbagai bagian pohon jeruk pada awalnya. Dedaunan, ranting, dan buah pada akhirnya akan menjadi kebal terhadap penyakit ini, tetapi komplikasi dapat muncul pada buah muda atau ketika kondisi cuaca basah terus berlanjut.  

Baca juga: 5 Pohon yang Cocok Ditanam di Area Kolam Renang

Bercak berminyak

Selanjutnya, penyakit yang sering menyerang pohon jeruk adalah bercak berminyak. Penyakit ini menimbulkan bercak-bercak melepuh di bagian bawah daun.

Penyakit bercak berminyak memiliki warna kuning kecokelatan, kemudian menjadi tampak berminyak. Dedaunan pohon dapat membengkak dan mulai runtuh seiring dengan perkembangan penyakit.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com