Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pohon Palem yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Kompas.com - 02/04/2023, 10:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon palem menjadi salah satu tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan. Tanaman palem dapat menambah sentuhan elegan dengan daun hijau tua dan batang tipis serta memberikan suasana tropis dalam ruangan.

Namun, tidak semua jenis pohon palem cocok untuk dijadikan tanaman dalam ruangan karena beberapa memiliki ukuran bervariasi. 

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (2/4/2023) berikut lima jenis pohon palem yang cocok diletakkan di dalam ruangan.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Palem parlor

Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)Shutterstock/Wheatfieldstock Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)
Palem parlor atau Chamaedorea elegans merupakan pilihan bagus untuk diletakkan di dalam ruangan, terutama karena tidak memerlukan banyak perawatan.

Tumbuh dengan sedikit cahaya, tanaman palem jenis ini juga tidak membutuhkan penyiraman yang konstan. Tanaman palem parlor dapat memiliki tinggi berkisar antara 50-100 sentimeter. 

Baca juga: 5 Jenis Pohon Palem yang Cocok Dipelihara di Dalam Ruangan

Palem kentia

Palem kentia atau Howea Forsteriana memiliki tampilan ymenarik dan merupakan salah satu pilihan paling dekoratif. Tanaman ini memiliki daun panjang dan melengkung.

Biasanya, Kentia memiliki lima atau enam daun besar. Tanaman unik ini lebih terbiasa dengan kondisi kering daripada lembap sehingg Anda hanya perlu menyiramnya secara sporadis atau tidak merata. 

Palem ekor ikan

Palem ekor ikan atau Caryota merupakan tanaman cantik yang dapat mencerahkan ruangan. Tanaman yang memiliki daun berbentuk unik ini tumbuh baik di lingkungan hangat.

Baca juga: 5 Ide Meletakkan Tanaman Hias di Ruang Tamu

Areca palm 

Areca palm merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghias interior rumah. Tanaman ini memiliki warna menarik dan memberikan sentuhan tropis yang menarik.

Palem ini membutuhkan paparan cahaya, tapi bukan sinar matahari langsung. Palem ini lebih suka berada di area sedikit teduh serta tempatkan di lingkungan hangat.

Bamboo palm

Ilustrasi tanaman palem majesty.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi tanaman palem majesty.
Tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari, tapi memerlukan kelembapan. Jika meletakkannya di dalam ruangan, penting menempatkannya jauh dari sinar matahari. Selain itu, tanaman bambo palm membutuhkan penyiraman konstan.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Hias yang Membantu Mengusir Alergi

Tips mendekorasi ruangan dengan pohon palem

1. Jika menginginkan dekorasi modern dan penuh warna, hiaslah pohon palem dengan elemen warna. Misalnya, bila memiliki dinding putih, tanam pohon palem di dalam pot berwarna cerah untuk memberikan warna tambahan.

2. Tempatkan pohon palem di tempat yang kurang cahaya. Dengan cara ini, warna hijau akan menghidupkan area tersebut dan membuatnya terasa lebih nyaman.

3. Untuk menciptakan nuansa lebih tropis, tambahkan tanaman lain di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan warna-warna lain, seperti kuning, merah dan biru, untuk mendekorasi dinding.

Namun, tentunya jangan menambahkan terlalu banyak warna. Pastikan sebagian dinding masih memiliki warna yang lebih terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com