Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mengusir Ular dari Dapur, Dijamin Pergi Selamanya

Kompas.com - 16/04/2024, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular dapat merayap ke berbagai tempat mana saja dan berakhir di rumah Anda. Ular masuk ke rumah melalui celah atau bukaan, bahkan bisa bertelur dan menetap di dalam rumah.

Ular masuk ke rumah tak lain untuk mencari makanan dengan memangsa hama yang ada di rumah Anda, seperti tikus, serta berlindung dari suhu dingin.  

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 6 Penyebab Ular Masuk ke Rumah

Dapur menjadi area yang sering didatangi dan tempat persembunyiaan ular lantaran menyedikan makanan, selain loteng serta ruang bawah tanah. 

Tentu saja, kehadiran ular di dapur membuat terkejut dan takut. Pasalnya, ular tidak hanya mencari makanan, tapi juga mengotori dapur, membuat kekacauan, serta tak menutupi kemungkinan ular akan memangsa Anda. 

Untuk menjaga oasis kuliner Anda, berikut sejumlah cara mengusir ular dari dapur menurut ahli dikutip dari Best Life Online, Selasa (16/4/2024). 

Tutup semua jalan masuk 

Ilustrasi ular muncul di kloset atau rumah.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ular muncul di kloset atau rumah.
Ular dapat merayap melalui ruang dan bukaan sangat kecil, terutama jika sedang mencari makanan.

Para ahli mengatakan sangat penting menutup area di sekitar pintu atau jendela dan memberikan perhatian khusus pada retakan di dinding atau lantai, yang menjadi jalan ular masuk ke rumah. 

A.H. David, pakar ular dan pendiri Pest Control Weekly, mengatakan menggunakan dempul untuk menyegel retakan kecil dan pertimbangkan memasang penyapu pintu pada pintu yang mengarah ke luar. 

Nicole Carpenter, CEO di Black Pest Prevention, merekomendasikan menutup ventilasi dan pipa dengan kasa sebagai cara lain menutup akses ular masuk ke rumah.

“Ini akan memberikan ventilasi baik sekaligus mencegah masuknya ular. Pastikan ukuran jaringnya cukup kecil untuk mencegah ular terkecil sekalipun masuk," kata Carpenter. 

Baca juga: 9 Aroma yang Tidak Disukai Ular, Dijamin Enggak Muncul di Rumah

Gunakan penolak alami 

Selanjutnya, cara mengusir ular dari dapur adalah menggunakan penolak alami. 

Tidak perlu menggunakan semprotan atau bedak berbahaya. Anda dapat mengusir ular dari dapur hanya dengan wewangian yang tidak ular sukai, bahkan bahan-bahan tersebut sudah ada di dapur. 

Izzy Foxx, ahli zoologi dan pendiri Wildly Animals, mengatakan bawang putih atau kayu manis adalah dua pilihan bahan penolak alami ular. 

“Hancurkan beberapa siung bawang putih dan meletakkannya di dapur pada beberapa titik tertentu, seperti lemari, jendela, dan area bawah wastafel. Ular kebanyakan suka bersembunyi di titik-titik tersebut,” ujar Foxx. 

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, gunakan semprotan minyak bawang putih dan air karena siung bawang putih beracun untuk sahabat bulu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com