Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Ular dari Halaman Rumah dengan Aman

Kompas.com - 18/12/2023, 15:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comUlar merupakan salah satu hewan liar yang sering ditemukan di halaman rumah, terutama halaman yang memiliki banyak semak-semak dan tanaman rimbun.

Ular tergolong sebagai reptil berbahaya yang dapat mengancam nyawa hewan peliharaan hingga manusia. Ular bisa menggigit mangsanya dan menyebabkan rasa sakit.

Selain menggigit, ada juga ular yang menyerang mangsanya dengan cara melilit. Meski tak mengeluarkan bisa, lilitan ular yang kencang juga berbahaya.

Baca juga: 7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Ular dari Pekarangan Rumah

Maka dari itu, jika menemukan ular di sekitar halaman rumah, segeralah untuk mengusirnya. Namun, berhati-hatilah saat mengusir ular agar reptil ini tidak merasa terancam dan melakukan penyerangan balik.

Dikutip dari Today's Home Owner, Senin (18/12/2023), berikut ini cara mengusir ular dari halaman rumah dengan aman.

Semprotkan air

Ular pelangi di halaman rumahWallpaper Flare Ular pelangi di halaman rumah

Umumnya, ular tidak suka saat disemprot air. Apabila kamu yakin ular yang ditemukan tidak berbisa, maka ular tersebut bisa disemprot air secara perlahan.

Namun, pastikan menyemprotkan air dengan jarak aman agar ular bisa bergerak pergi menjauhi air.

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Ular dari Rumah 

Menggunakan pengusir ular

Ada banyak pengusir ular yang tersedia di pasaran. Bahan pengusir ular umumnya bekerja dengan cara menghilangkan kemampuan indera penciuman, sehingga membuat halaman rumah menjadi habitat yang tidak kurang disukai ular.

Sebagian besar produk pengusir ular aman digunakan di sekitar hewan peliharaan, namun disarankan untuk mengecek ulang komposisi produk tersebut.

Pasang perangkap

Cara mengusir ular dari halaman rumah selanjutnya yaitu dengan memasang perangkap. Biasanya, perangkap ular dibuat seperti perangkap tikus.

Letakkan umpan di dalam perangkap. Saat ular masuk, perangkap akan tertutup yang membuat ular tidak bisa keluar. Setelah terperangkap, lepaskan ular di tempat yang jauh dari pemukiman.

Baca juga: 7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Ular dari Pekarangan Rumah

Bersihkan genangan air

Genangan air, terutama yang tersembunyi bisa menarik perhatian ular untuk datang ke area tersebut. Maka dari itu, saat menemukan genangan air di halaman rumah, segeralah untuk membersihkannya agar tidak menjadi tempat ular bersembunyi.

Kuras genangan, kemudian tutup area halaman yang berlubang dengan pasir atau kerikil agar tidak ada lubang yang menyebabkan genangan.

Jaga agar rumput tetap pendek

Ilustrasi ular.Pexels.com Ilustrasi ular.

Ular banyak bersembunyi di semak-semak yang membuat reptil ini tidak mudah terlihat. Maka dari itu, salah satu cara agar ular tidak ada di halaman rumah yaitu dengan menjaga rumput tetap pendek.

Rumput yang pendek kurang disukai ular, sehingga halaman bebas dari reptil berbahaya ini.

Baca juga: Benarkah Garam Dapat Digunakan Mengusir Ular?

Ganti rumput dengan kerikil atau batuan

Selain memastikan rumput tetap pendek, cara mengusir ular dari halaman rumah juga bisa dengan mengganti rumput dengan kerikil atau batuan.

Halaman dengan banyak batu dan kerikil tidak disukai ular dan membuat reptil ini menjauh dari area tersebut. Selain bisa mengusir ular, halaman rumah tanpa rumput juga minim perawatan, sehingga tidak merepotkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com