Kompas.com - 16/04/2021, 11:14 WIB
Petugas damkar berhasil mengevakuasi ular sanca sepanjang 2,5 meter di Jalan Warung Asem RT 11/RW04 Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/3/2021). Dok. Sudin Gulkarmat JaktimPetugas damkar berhasil mengevakuasi ular sanca sepanjang 2,5 meter di Jalan Warung Asem RT 11/RW04 Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ular yang tiba-tiba muncul di dalam rumahmu sudah barang tentu membuatmu dan penghuni rumah lainnya menjadi panik dan ketakutan.

Makhluk bersisik tanpa kaki ini dianggap berbahaya dan mengancam, sehingga hampir semua tuan rumah pasti tidak akan menerima kedatangannya.

Meski begitu, tidak akan ada yang pernah bisa memastikan seekor ular tidak akan pernah masuk ke dalam rumahmu, jadi kamu harus memiliki rencana matang ketika hal ini benar terjadi. 

Baca juga: Waspada, 4 Cara Ular Masuk ke Rumah Anda

Jika suatu saat di rumahmu terdapat seekor ular atau memang sedang ada ular, maka ada beberapa cara untuk mengusirnya keluar.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (16/4/2021), berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir ular dari rumah.

Sebelum mencoba mengusir ular dari rumahmu, selalu pastikan bahwa ular yang muncul itu tidak berbisa sebelum mencoba mengeluarkannya sendiri.

Jika kamu tidak terlatih dalam menghadapi ular atau tidak ada pengetahuan tentang ular, jangan pernah untuk asal memegang ular.

Baca juga: 10 Jenis Ular yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Karena bisa jadi itu adalah ular berbisa dan berbahaya. Siapkan alat bantu seperti tongkat, sapu, pengki, ember jika diperlukan untuk mengusir ular.

Jika ragu, hubungi bantuan pawang ular atau pemadam kebakaran untuk mendapatkan bantuan yang lebih aman.

1. Semprotkan selang

Jika kamu benar-benar yakin ular itu tidak berbahaya, semprotkan selang ke ular dengan lembut dari kejauhan untuk membantunya bergerak.

2. Jebak dengan tong sampah

Jika kamu bermaksud meminta bantuan profesional untuk mengeluarkan ular dari rumahmu, kamu bisa menjebaknya terlebih dahulu dengan menggunakan tong sampah.

Akan tetapi, ingat kembali, lakukan cara ini hanya jika kamu yakin ular itu aman untuk didekati.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X