Kompas.com - 16/04/2021, 10:13 WIB
Ilustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya. SHUTTERSTOCK/ESIN DENIZIlustrasi kucing sedang menggaruk tubuhnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, sehingga merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler. Selain itu, kucing liar pun kadang menghampiri rumah kita, hanya sekadar lewat atau kerap "menumpang istirahat."

Namun demikian, seringkali baik kucing peliharaan maupun kucing liar menggali atau menginjak tanaman di pekarangan rumah. Ini membuat tanaman rusak dan tidak sedap dipandang.

Sebagai solusinya, Anda bisa menanam sejumlah tanaman yang tidak disukai kucing di pekarangan rumah. Meskipun tidak ada jaminan bahwa tanaman ini akan berhasil mengusir kucing dari pekarangan rumah, namun tak ada salahnya mencoba.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Demam? Ini Penjelasan dan Cara Menanganinya

Tanaman ini beberapa di antaranya memiliki aroma kuat yang mungkin disukai manusia, namun dibenci oleh kucing. Dilansir dari Tips Bulletin, Jumat (16/4/2021), berikut beberapa tanaman yang dibenci kucing di pekarangan rumah.

Ilustrasi tanaman geranium merahMayaAfzaal Ilustrasi tanaman geranium merah

1. Geranium (Pelargonium)

Geranium adalah pilihan yang sangat baik jika Anda mencari pengusir kucing alami yang juga menambah warna pada lanskap pekarangan rumah.

Bagi manusia, tanaman taman ini mengeluarkan bau yang menyenangkan, tetapi kebanyakan kucing menganggapnya tidak enak untuk indera penciumannya.

Geranium merupakan tanaman luar ruangan, tetapi juga cocok ditempatkan di dalam rumah sebagai tanaman hias indoor. Dengan perawatan yang cukup, bunga geranium terus mekar selama cuaca sejuk.

Baca juga: Kucing Minum Berlebihan? Hati-hati Tanda Berbagai Penyakit

Saat merawat geranium, penting untuk menyiram sedikit dan hanya menyiram saat daun mulai layu. Potong daun tua yang mati saat pertumbuhan daun baru muncul.

Sebelum menyiram, biarkan tanah mengering dan kurangi penyiraman di cuaca dingin, tetapi tidak cukup untuk membiarkan akar mengering.

Ilustrasi tanaman lavender di pot.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman lavender di pot.

2. Lavender (Lavandula)

Meskipun sebagian besar kita menyukai aroma lavender, lavender tidak menjadi favorit di antara kucing karena alasan tertentu. Dengan demikian, lavender adalah pilihan yang sangat baik sebagai tanaman untuk mengusir kucing.

Lavender bukan hanya pengusir kucing yang baik, namun juga mampu mengusir serangga. Saat digunakan untuk menjauhkan kucing dari pekarangan rumah, yang terbaik adalah menanamnya dalam barisan.

Satu masalah yang akan Anda hadapi dengan lavender adalah banyaknya pilihan yang tersedia. Meskipun semuanya membantu mencegah kucing masuk, varietas yang lebih tinggi adalah yang paling efektif.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X