Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Ular yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Kompas.com - 10/03/2021, 19:11 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain anjing, kucing, burung dan ikan, reptil terutama ular juga bisa menjadi pilihan sebagai hewan peliharaan.

Memelihara hewan eksotis ini sangat dimungkinkan asalkan kamu memilik jenis yang tepat dan dengan proses yang legal.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (10/3/2021), ada hampir 2.800 spesies ular berbeda yang telah ditemukan di dunia. Dan jumlah itu masih terus bertambah seiring sdengan semakin banyaknya spesies baru yang ditemukan.

Baca juga: Sebelum Memelihara, Cari Tahu Makanan untuk Deretan Reptil Berikut Ini

Namun tidak semua spesies ular bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan. Ular yang paling sering dipelihara adalah dari famili Boidae, Pythonidae, dan Colubridae.

Meskipun kamu mungkin bisa mendapatkan hampir semua jenis ular dari pertunjukan reptil atau online, namun ada baiknya memilih ular yang aman untuk dipelihara.

Sebagai gambaran, berikut adalah 10 jenis ular yang bisa kamu pelihara.

1. Boa Ekor Merah

Semacam ular sanca ular piton, ular boa ekor merah sering terlihat dalam perdagangan hewan peliharaan. Ekor merah tumbuh dengan panjang sekitar 3 meter.

Baca juga: Tips Menjaga Hewan Peliharaan Tetap Aman Saat Banjir

Namun hewan ini butuh komitmen yang tinggi untuk si perawatnya. Boa ekor merah memakan tikus besar atau kelinci dan dapat hidup sekitar 30 tahun dan terdapat warna merah di ujung ekornya.

2. Sand boa dari Kenya

Sand boa dari Kenya bisa tumbuh hingga sekitar setengah meter, ini adalah ular liang yang unik. Mereka biasanya adalah ular jinak yang membenamkan seluruh tubuhnya di bawah pasir dan hanya menyisakan kepala mungilnya untuk mencari mangsa yang lewat.

Sand boa memiliki warna yang indah dengan pola kuning dan coklat.

3. Ball Python

Bisa dibilang ular peliharaan paling populer yang ada, ball python adalah ular yang sangat jinak. Panjangnya hanya sekitar 1-1,5 meter, tetapi dapat hidup hingga beberapa dekade.

Ball python mendapatkan namanya dari bola ketat tempat mereka meringkuk saat merasa terancam. Ular ini tidak membutuhkan banyak pemanas atau penerangan dan menjadi hewan peliharaan ular pertama yang hebat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com