Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2021, 17:14 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih atau disebut kutu kebul, merupakan satu dari sekian banyak hama yang kerap mengganggu hingga merusak berbagai jenis tanaman.

Kutu putih sendiri adalah kutu daun yang memiliki bentuk tubuh yang kecil, biasanya mereka menyerang daun atau batang tanaman secara bergerombol.

Namun, tak hanya menyerang tanaman langsung, kutu putih juga bisa menyerang atau merusak media tanam maupun tanah, sehingga itu bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu.

Baca juga: Mengenal Kutu Putih pada Tanaman dan Cara Menanganinya

Jika media tanam atau tanah tempat kamu menumbuhkan tanaman terdapat kutu putih, maka kamu perlu bergegas untuk membasminya agar tidak berdampak pada kerusakan tanaman.

Melihat kanal Youtube Channel Nya Kang Japra, Rabu (10/3/2021), kutu putih yang muncul di media tanam maupun tanah bisa kamu basmi dengan cara yang begitu sederhana.

Disebutkan bahwa hama kutu putih bisa muncul apabila media tanam atau tanah lembap atau basah.

Dan untuk membasminya, kamu hanya perlu menggunakan tembakau yang ditaburkan ke media tanam ataupun tanah yang ditempati oleh kutu putih.

Baca juga: Simak, Cara Alami Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Meski tembakau kerap berkonotasi negatif karena dijadikan sebagai bahan utama rokok yang membahayakan kesehatan, ternyata bahan satu ini berguna dalam dunia berkebun.

Perlu kamu ketahui bahwa tembakau dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati, sehingga tembakau bisa mencegah maupun membasmi hama penyakit yang berpotensi merusak tanaman.

Mengutip beberapa sumber, tembakau mengandung zat alkaloid nikotin, yakni sejenis neurotoksin yang ampuh jika diaplikasikan pada serangga.

Kutu putih sendiri termasuk ke dalam kategori serangga yang terdiri dari beberapa jenis berbeda, sehingga tembakau berefek pada kutu putih.

Kandungan nikotin pada tembakau memiliki bau yang menyengat, sehingga itu bisa mengusir hama kutu putih yang hinggap di media tanam atau tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com