Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 09:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih adalah satu dari sekian banyaknya hama yang menjadi pengganggu keberlangsungan hidup tanaman.

Hama satu ini adalah kutu daun yang memiliki bentuk tubuh yang kecil, biasanya menyerang daun atau batang tanaman secara bergerombol.

Tubuh dari kutu putih tertutup lapisan lilin berwarna putih dengan panjang tubuh rata-ratanya 2-3,5 mm dengan lebar 1-2 mm.

Baca juga: Basmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Cuci Piring

Kutu putih menyerang dengan cara menghisap cairan pada bagian daun dan pucuk tanaman. Gejala yang timbul akibat serangan tersebut adalah membuat daun tanaman menjadi rontok, mengerut, layu, hingga kering, dan masih banyak lagi.

Apabila tanaman di rumahmu tak ingin rusak akibat terserang hama kutu putih, maka pencegahan adalah langkah yang harus kamu lakukan agar kutu putih tidak muncul.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah datangnya kutu putih pada beragam tanaman yang kamu miliki, salah satunya menggunakan puntung rokok.

Kamu kaget membacanya? Tapi benar, puntung rokok bisa menjadi bahan yang diperuntukkan mencegah kutu putih timbul pada tanaman.

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Daun pada Tanaman dan Cara Membasminya

Dilihat dari video Youtube akun Tanaman Rumah, Senin (11/1/2021), pencegahan kutu putih pada tanaman bisa menggunakan limbah rokok bekas atau puntung rokok.

Dalam video tersebut disampaikan bahwa limbah puntung rokok bisa dijadikan pestisida untuk pencegahan hama kutu putih, karena pada limbah rokok masih terdapat kandungan nikotin pada tembakaunya.

Kandungan nikotin pada tembakau memiliki bau yang menyengat, sehingga itu bisa mencegah hama kutu putih agar tidak datang pada tanamanmu.

Apabila menemukan limbah puntung rokok terasa sulit, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan tembakau utuh atau rokok baru yang masih utuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com