Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mencolokkan Peralatan Elektronik Ini ke Stopkontak Ekstensi, Bisa Kebakaran

Kompas.com - 14/05/2024, 07:55 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stopkontak ekstensi menjadi solusi saat stopkontak utama penuh digunakan atau peralatan elektronik berada berada jauh. 

Biasanya, stopkontak ekstensi menyediakan banyak dua sampai enam colokan untuk mencolokkan banyak peralatan elektronik. 

Baca juga: Bahaya, 9 Peralatan Ini Tidak Boleh Dicolokkan ke Stopkontak Ekstensi

Selain itu, stopkontak ekstensi tersedia dalam berbagai ukuran atau panjang sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan di berbagai kondisi serta lokasi.

Namun, perlu diketahui, tidak semua peralatan elektronik boleh dicolokkan ke stopkontak ekstensi. Jika perangkat melebihi kapasitas kabel ekstensi, risikonya bisa merusak peralatan elektronik, bahkan menyebabkan kebakaran.

Selain itu, peralatan elektronik berdaya besar tidak boleh dicolok atau menggunakan stopkontak ekstensi hal ini menyebabkan hambatan kecil.

Semakin panjang kabel stopkontak ekstensi, semakin tinggi resistansinya, yang membuat tegangan yang diterima peralatan elektronik menjadi lebih rendah. 

\Baca juga: Bahaya, Ini 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Stopkontak Ekstensi

Hal ini dapat membuat peralatan elektronik bekerja lebih keras karena perlu menarik lebih banyak arus untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Tak hanya itu, membiarkan peralatan elektonik berdaya besar tetap tercolok ke stopkontak ekstensi meski telah dimatikan juga berisiko bahaya,

Sebab, kabel masih dapat terus menyalurkan arus listrik ke perangkat dan hal ini bisa menyebabkan kabel terlalu dipaksa, menghangat, dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Dikutip dari Tom’s Guide, Selasa (14/5/2024), berikut sejumlah peralatan elektronik yang tidak boleh dicolokkan ke stopkontak ekstensi

 

Microwave oven

Ilustrasi microwave, menghangatkan makanan dengan microwave.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi microwave, menghangatkan makanan dengan microwave.
Microwave oven memerlukan banyak daya saat digunakan. Menggunakan stopkontak ekstensi untuk microwave oven bisa menyebabkan peningkatan suhu berlebihan dan tidak memberikan pasokan listrik yang stabil sehingga dapat mempengaruhi kinerjanya.

Sebaiknya, menggunakan stopkontak utama untuk menyolokan microwave oven. 

Baca juga: Ingin Menyalakan Kulkas dengan Kabel Ekstensi? Perhatikan Hal Ini Dulu

Kulkas

Selanjutnya, peralatan elektronik yang tidak boleh dicolokkan ke stopkontak ekstensi adalah kulkas

Perangkat besar, seperti kulkas, membutuhkan aliran listrik yang stabil langsung dari stopkontak agar tetapa berfungsi optimal. 

Meski menggunakan stopkontak ekstensi berkualitas terbaik, tetap saja dapat mengalami penurunan tegangan dan fluktuasi, yang dapat menyebabkan kulkas tidak beroperasi optimal, yang akhirnya dapat merusak kulkas secara permanen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com