Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Ini 9 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Stopkontak Ekstensi

Kompas.com - 05/02/2024, 08:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehidupan masyarakat saat ini telah bergantung pada listrik. Misalnya, di rumah, tidak ada satu pun hunian yang memiliki stopkontak cukup untuk menjaga semua peralatan tetap menyala dan terisi daya. 

Tanpa kehadiran listrik, semua kegiatan di rumah tidak akan berjalan lancar dan optimal, seperti mencuci pakaian dengan mesin cuci, menghangatkan makanan dengan oven, dispenser air minum, mendinginkan ruangan dengan kipas angin atau AC, hinga kendaraan listrik.  

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Stopkontak yang Tidak Berfungsi

Itulah mengapa kita sangat bergantung pada stopkontak ekstensi untuk mengubah satu colokan menjadi enam atau lebih, memperluas kemampuan sistem kelistrikan di rumah.

Namun, ada beberapa aturan yang mungkin Anda langgar dalam hal menggunakan stopkontak ekstensi. Kesalahan ini bisa menyebabkan korsleting listrik, kesetrum, hingga risiko kebakaran

Nah, dilansir dari Family Handyman, Senin (5/2/2024), berikut sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan pada stopkontak ekstensi

Jangan mencolokkan stopkontak ke stopkontak listrik lain

Jika stopkontak tidak menjangkau cukup jauh atau membutuhkan colokan tambahan, Anda mungkin tergoda untuk merangkai beberapa strip menjadi satu, merangkainya dengan mencolokkan satu stopkontak ke stopkontak lainnya.

Namun, hindari melakukan hal tersebut. Hal ini tidak hanya bertentangan dengan setengah lusin peraturan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) dalam lingkungan profesional, tetapi juga dapat menyebabkan satu atau lebih stopkontak gagal, bahkan terbakar. 

Baca juga: Cara Mengusir Semut di Stopkontak Listrik Pakai Bahan Alami

Jangan menggunakan stopkontak dalam ruangan di luar ruangan

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilakukan pada stopkontak ekstensi adalah menggunakan stopkontak dalam ruangan di luar ruangan.

Meski ada soket ekstensi yang dirancang untuk aplikasi luar ruangan, stopkontak ekstensi di dalam ruangan tidak dirancang untuk tahan terhadap cuaca dan air. 

Jadi, pastikan stopkontak ekstensi memang secara khusus menyatakan cocok untuk penggunaan di luar ruangan. 

 Baca juga: 4 Posisi Peletakan Stopkontak agar Mudah Dijangkau

Jangan membebani stopkontak ekstensi secara berlebihan

Membebani terlalu berlebihan atau mencolokkan banyak peralatan juga menjadi hal yang tidak boleh dilakukan pada stopkontak ekstensi.

Setiap stopkontak ekstensi memiliki kapasitas beban, yang berarti hanya dapat mengalirkan daya sebanyak itu melalui sirkuitnya pada waktu tertentu.

Membebani stopkontak secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya kebakaran, melelehkan plastik, dan merusak rumah atau bisnis Anda serta peralatan di sekitarnya. 

Jika khawatir akan kelebihan beban pada stopkontak ekstensi, luangkan waktu menentukan kebutuhan arus listrik dari semua yang akan Anda sambungkan ke stopkontak tersebut.

Atau mempertimbangkan membeli stopkontak ekstensi yang memiliki sakelar terpisah untuk setiap stopkontak. 

Baca juga: Kenapa Banyak Semut di Stopkontak Listrik? Ini Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com