Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kesalahan Saat Mendekorasi Dapur dengan Warna Abu-abu

Kompas.com - 04/02/2024, 18:34 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Abu-abu merupakan salah satu warna sering digunakan untuk menghias dapur. Abu-abu banyak disukai karena tergolong sebagai warna netral, sehingga cocok dikombinasikan dengan warna dan ornamen dekorasi apapun.

Selain itu, warna dekorasi ini banyak disukai karena bisa menghadirkan kesan minimalis dan sederhana pada dapur.

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

Meski demikian, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan saat mendekorasi dapur dengan warna abu-abu. Kesalahan saat mendekorasi dapur abu-abu bisa membuat dapur terasa membosankan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (4/2/2024), berikut kesalahan saat mendekorasi dapur dengan warna abu-abu yang perlu dihindari.

Menggunakan warna abu-abu yang terlalu dingin

dapur berwarna sage greenShutterstock/myboys.me dapur berwarna sage green

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan saat mendekorasi dapur dengan warna abu-abu yaitu menggunakan warna abu-abu yang terlalu dingin. Cat abu-abu dengan rona dasar dingin akan menghasilkan suasana dingin di dapur.

Baca juga: Ternyata, Ini Keuntungan Memiliki Lemari Dapur Warna Abu-abu

Jill Norman, salah satu pendiri Studio Mesa menyarankan untuk menggunakan warna abu-abu hangat di dapur untuk membuat suasana ruangan terasa lebih hangat.

Warna abu-abu tersebut juga bisa dikombinasikan dengan ornamen dekorasi seperti meja dapur dari batu alam yang membuat dapur terasa semakin hangat dan nyaman.

Sementara itu, Desainer Elizabeth Sims, pendiri Calafia Home Design menyarankan untuk memadukan warna abu-abu hangat dengan tekstur alami untuk memperoleh tampilan organik. Tekstur alami yang dapat digunakan, seperti; keramik, rami, dan kayu.

Jika ingin menggunakan abu-abu sebagai warna lemari dapur, maka sebaiknya pertimbangkan cat abu-abu dengan finishing satin untuk mendapatkan kesan segar. Padukan juga dengan dekorasi berwarna pol untuk membuat dapur terlihat lebih cerah dan ceria.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi dengan Warna Abu-abu

Tidak menciptakan kontras di dalam ruangan

Kesalahan saat mendekorasi dapur dengan warna abu-abu selanjutnya yaitu tidak menghadirkan kontras yang cukup di dalam ruangan tersebut. Jika tidak menghadirkan kontras di dalam dapur abu-abu, maka warna abu-abu akan mendominasi dan membuatnya terlihat berlebihan.

Menurut Gaelle Dudley, seorang desainer interior dan pendiri GLDESIGN, warna abu-abu perlu dipadukan dengan warna sejuk dan hangat. Misalnya, menggabungkan lemari abu-abu pucat dengan meja marmer.

ilustrasi kabinet dapur berwarna abu-abuShutterstock/Fio Creative ilustrasi kabinet dapur berwarna abu-abu

Sedangkan Melissa Read, direktur kreatif di Studi Burntwood merekomendasikan untuk menambahkan elemen kontras pada dapur abu-abu agar terlihat seimbang, mulai dari lantai sampai meja dapur.

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruangan dengan Warna Abu-abu

Melissa juga menyarankan untuk menambahkan variasi warna dan tekstur agar ruangan terlihat lebih mencolok dan berdimensi. Contohnya, memadukan lemari abu-abu dengan meja marmer atau porselen yang memiliki motif abu-abu halus.

Menghadirkan material stainless steel

Pada dapur abu-abu, sebaiknya tidak menggunakan ornamen dekorasi atau perlengkapan dapur dari bahan stainless steel yang warnanya mirip dengan abu-abu. Sebab, warna stainless steel mirip dengan abu-abu, sehingga membuat dapur terlihat membosankan.

Sebaiknya, pilih material logam yang lebih hangat dan kontras, seperti kuningan. Luis Carmona, seorang desainer interior dan pendiri VERDE Interior Design juga menyarankan untuk menggunakan peralatan dapur berwarna hitam matte agar tampilan dapur terlihat lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com