Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 16:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak diantara kita yang menunda untuk merenovasi dapur karena biayanya cukup besar. Padahal, merenovasi dapur tak harus merombak seluruh bagian dapur.

Salah satu cara membuat dapur terlihat lebih segar yaitu mengecat ulang meja dapur. Selain mudah, mengecat meja dapur juga relatif murah.

Dilansir dari Ideal Home, Selasa (29/1/2024), berikut cara mengecat meja dapur dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Meja Dapur Tetap Rapi dan Nyaman Digunakan

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Ilustrasi meja dapur granit.SHUTTERSTOCK/STUDIODIN Ilustrasi meja dapur granit.

  • Amplas
  • Cat dasar yang cocok untuk meja
  • Cat berkualitas
  • Kuas atau roller busa
  • Sealer
  • Kain bersih
  • Koran atau kain pelapis
  • Pembersih

Pilih cat yang tepat untuk meja

Menentukan cat yang tepat menjadi langkah awal yang perlu dilakukan. Tim Warren, pakar DIY dari Adkwik, menyarankan untuk menggunakan cat khusus meja.

Baca juga: 4 Cara Menata Meja Dapur agar Tetap Rapi dan Teratur

Cat akrilik berbahan dasar air cocok digunakan untuk melapisi meja laminasi. Sedangkan meja berbahan granit lebih baik diberi lapisan epoksi.

Namun, Tim juga mengingatkan bahwa tidak semua meja dapur bisa dicat. Jadi, sebelum mengecat meja dapur, pastikan mencari tahu terlebih dahulu seputar material meja yang bisa dicat.

Siapkan meja yang akan dicat

Setelah mendapatkan cat yang tepat, siapkan meja yang akan dilapisi dengan cat. Selain itu, lantai dan dinding disekitar meja dapur perlu dilapisi dengan lap atau koran.

Malik Ahmed, pakar DIY dan direktur Bolt World merekomendasikan penggunaan selotip untuk melindungi area yang tidak akan dicat, seperti dinding, lemari, atau peralatan lain yang berdekatan dengan meja kerja.

Baca juga: 5 Kombinasi Warna Kabinet dan Meja dapur yang Serasi dan Estetik

Amplas meja dapur yang akan dicat

Cara mengecat meja dapur lainnya yaitu mengamplas meja dapur untuk membersihkan sisa cat atau lapisan yang ada di meja tersebut.

Jika terdapat bagian yang rusak, maka dianjurkan untuk memperbaiki terlebih dahulu sebelum melapisi dengan cat.

Oleskan cat dasar

Ilustrasi meja dapur granit.SHUTTERSTOCK/WHYFRAME Ilustrasi meja dapur granit.

Setelah diamplas, lapisi meja dapur dengan cat dasar atau primer. Richard Bradley, manajer pemasaran V33, menyarankan untuk mengaplikasikan primer secara merata menggunakan kuas atau roller busa.

Ikuti instruksi pada kemasan cat dasar dan biarkan primer benar-benar kering sebelum dilapisi lagi dengan cat. Jangan lupa untuk memastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik agar aroma menyengat dari cat primer tidak mengumpul di dalam ruangan.

Baca juga: Simak, 7 Tips Menjaga Meja Dapur Tetap Rapi

Mulai melakukan pengecatan

Apabila primer sudah kering, cara mengecat meja dapur selanjutnya yaitu mengaplikasikan cat berwarna sesuai dengan keinginan.

Aplikasikan cat secara tipis dan merata menggunakan kuas atau roller. Mulailah dengan mengecat sudut maupun sambungan di meja tersebut.

Berikutnya, biarkan cat mengering. Biasanya membutuhkan waktu 6 sampai 12 jam. Setelah cat kering, aplikasikan cat lagi agar warna yang dihasilkan lebih terlihat.

Aplikasikan sealer

Setelah cat kering, beberapa hari setelahnya aplikasikan sealer agar cat lebih awet dan tampilan meja dapur lebih menarik. Aplikasikan sealer dengan hati-hati agar lapisan ini bisa menempel dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih dan Bebas Berantakan

Lepaskan selotip

Jika ada beberapa bagian yang ditutup dengan selotip, maka jangan lupa melepaskan selotip tersebut. Lepaskan secara hati-hati agar selotip tidak merusak lapisan cat di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com