Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2024, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dan dinding dapur yang dicat bisa membuat ruangan terlihat lebih cantik. Pemilihan warna harus dilakukan dengan tepat karena salah memilih warna justru bisa membuat dapur terlihat kurang menarik.

Setiap tahun terdapat tren warna dapur yang populer. Namun, tidak semua warna bisa digunakan setiap tahunnya.

Baca juga: 5 Tren Warna Dapur yang Direkomendasikan Desainer Interior

Di tahun ini, ada beberapa warna yang dianggap sudah tidak populer dan harus segera ditinggalkan. Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (16/1/2024), berikut ini tren warna dapur yang harus ditinggalkan.

Abu-abu

ilustrasi dapur berwarna abu-abuShutterstock/Serghei Starus ilustrasi dapur berwarna abu-abu

Warna abu-abu sudah lama digunakan untuk menghias dapur. Meski membuat dapur terlihat menarik, namun warna abu-abu kini mulai ditinggalkan.

Warna abu-abu digantikan dengan warna greige. Perlu diketahui bahwa greige adalah warna hasil perpaduan abu-abu dan krem.

Sama seperti abu-abu, greige juga termasuk warna netral yang bisa dikombinasikan dengan warna lain. Warna greige bisa memberikan kesan hangat dan nyaman.

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

Merah cerah

Tren warna dapur yang akan ditinggalkan di 2024 yaitu merah cerah. Meski tergolong sebagai warna abadi, merah cerah kini banyak ditinggalkan karena para desainer interior mulai beralih dari warna cerah ke warna yang lebih hangat dan tenang.

Warna yang cocok menggantikan merah cerah yaitu warna terakota. Warna ini memberikan kesan hangat, bersahaja, dan klasik.

Simon Temprell, manajer desain interior di Neptune mengatakan warna terakota yang hangat cocok dipadukan dengan ornamen kayu alami dan nuansa hijau yang lebih gelap.

Sementara itu, Natasha Greig, direktur Veere Grenney Associates mengatakan warna terakota membuat suasana dapur lebih nyaman dan bisa membankitkan semangat. Warna terakota juga bisa membuat dapur kecil terasa lebih luas.

Baca juga: Cara Mendekorasi Dapur dengan Warna Merah Muda Namun Tetap Elegan

Warna primer yang kasar

Warna primer yang kasar juga dianggap sudah ketinggalan zaman, sehingga perlu ditinggalkan. Warna primer kasar banyak digantikan oleh warna pastel yang memberikan kesan halus.

Salah satu warna pastel yang banyak digunakan di dapur yaitu warna merah muda atau pink. Warna ini memberikan kesan halus dan manis.

Jennifer Welch dari Jennifer Welch Interior Design mengatakan warna pink pastel bisa memberikan ketenangan di dapur.

Warna halus ini dapat diaplikasikan di dapur yang agak gelap atau kekurangan cahaya alami. Tidak hanya itu, warna pink pastel juga bisa memberikan kesan cerah dan gembira di ruangan.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Dapur dengan Warna Pastel, Cantik dan Estetik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com