Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Furnitur Kamar Tidur yang Akan Populer di 2024

Kompas.com - 04/02/2024, 15:04 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai ruangan yang paling sering digunakan, kenyamanan di dalam kamar tidur penting untuk diperhatikan. Untuk membuat kamar terasa nyaman dan segar, tak ada salahnya melakukan renovasi.

Salah satu ide renovasi kamar tidur yang paling mudah yaitu mengganti furnitur kamar tidur mengikuti tren terkini. Selain membuat kamar terasa segar dan nyaman, tampilan kamar menjadi lebih kekinian dan estetik.

Baca juga: 5 Tren Furnitur yang Akan Populer pada 2024

Liz Marchant Ourston dari Liz Marchant Interiors, mengatakan bahwa funitur di kamar tidur tak hanya membuat kamar lebih cantik, namun juga membuat kamar terasa lebih tenang dan nyaman.

Sama seperti furnitur lain, furnitur kamar tidur juga mengalami perubahan tren setiap tahunnya. Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (4/2/2024), berikut tren furnitur kamar tidur yang membuat ruangan tetap nyaman dan estetik.

Tempat tidur sudut built-in

Ilustrasi tempat tidur nyamanFREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat tidur nyaman

Tempat tidur sudut built-in dikenal juga sebagai tempat tidur ceruk atau kotak. Tempat tidur ini bisa memaksimalkan ruang terutama di kamar yang sempit.

Baca juga: 5 Jenis Tempat Tidur Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Tiffany Duggan, pendiri Studio Duggan sekaligus desainer interior di London mengatakan tempat tidur built-in memberikan kesan ceria dan menyenangkan dan cocok untuk kamar tidur kecil.

Di bawah tempat tidur ini juga bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan. Selain itu, bisa juga ditempatkan rak buku kecil atau lemari rahasia dan lemari di panel samping tempat tidur.

Headboard yang terintegrasi dan menempel di dinding

Tren furnitur tempat tidur lainnya yaitu headboard yang terintegrasi dan menempel di dinding. Headboard ini membuat kamar tidur terlihat lebih menarik.

Selain itu, sandaran kepala yang membingkai area tidur membuat tampilan kamar tidur lebih bersih dan kohesif.

Baca juga: 3 Material Terbaik Headboard dan Plus Minusnya

Di 2024 ini, banyak penggunaan headboard dari kayu, rotan, atau boucle untuk tampilan lebih modern. Abbie Naber, seorang desainer dari A. Naber Designs mengatakan bahwa tren furnitur ini bisa menambah nilai pada ruangan. Area headboard juga bisa menjadi titik fokus dalam kamar tidur.

Furnitur kayu berwarna gelap

Furnitur kayu berwarna gelap juga diprediksi akan menjadi tren furnitur kamar tidur 2024. Furnitur kayu cocok untuk kamar tidur bergaya Skandinavia minimalis.

Furnitur dari kayu maupun bermotif kayu memberikan kesan hangat dan mewah. Padukan furnitur berwarna gelap dengan warna terang dan lapang agar tetap menonjol dan tidak memberikan kesan gelap pada ruangan.

Baca juga: Simak, Ini 6 Tips Memilih Furnitur Kayu Berkualitas Tinggi

Tempat duduk yang nyaman

Ilustrasi kursi di kamar tidurShutterstock/Ground Picture Ilustrasi kursi di kamar tidur

Selain tempat tidur, kursi juga menjadi salah satu furnitur penting di kamar tidur. Furnitur ini berfungsi sebagai tempat bersantai di dalam kamar, maka dari penting untuk memilih tempat duduk yang nyaman.

Desainer Alexandra Azat bahkan mengatakan bahwa tempat duduk nyaman menjadi prioritas desain kamar di tahun ini.

Selain menawarkan kenyamanan, furnitur tersebut juga bisa membuat ruangan lebih menarik.

Baca juga: 7 Ide Kursi Kamar Tidur yang Nyaman dan Estetik

Menggunakan teknologi tersembunyi

Terakhir, tren furnitur kamar tidur lainnya yaitu menggunakan teknologi tersembunyi. Misalnya, menggunakan furnitur yang bisa menyembunyikan televisi maupun perlengkapan kamar lainnya.

Inovasi meja samping tempat tidur yang memiliki pengisi daya terintegrasi juga banyak diminati karena fungsional dan memberikan kenyamanan lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com