Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengoptimalkan Tata Letak Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Kompas.com - 30/01/2024, 21:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur harus menjadi tempat pemulihan dan mengisi ulang energi setelah seharian beraktivitas.

Jika Anda mengalami malam yang gelisah atau merasa terlalu bersemangat sebelum tidur, pertimbangkan mencari cara meningkatkan feng shui di kamar tidur

Baca juga: 7 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur, Kenapa?

Menurut praktik tradisional Tiongkok kuno ini, menerapkan praktik terbaik tertentu ke dalam tata letak kamar tidur dapat menciptakan keselarasan dan keseimbangan energi antara Anda serta lingkungan.

Laura Cerrano, ahli feng shui bersertifikat membagikan cara mengoptimalkan tata letak kamar tidur menurut feng shui dan beberapa solusi kreatif dikutip dari The Spruce, Selasa (30/1/2024). 

Tata letak kamar tidur paling optimal

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Cerrano memiliki satu tata letak ideal yang sering dia rekomendasikan kepada kliennya seperti berikut: 

1. Tempat tidur harus bersandar pada dinding kokoh dengan pemandangan menghadap pintu, tetapi kaki tempat tidur tidak sejajar langsung dengan pintu atau jendela mana pun.

2. Dinding kokoh tidak memiliki pipa atau peralatan apa pun di sisi lain untuk mencegah stimulasi energi yang berlebihan. 

Baca juga: Jangan Lakukan, Ini 5 Kesalahan Desain Kamar Tidur Kecil Menurut Ahli

3. Meja samping tempat tidur terletak di samping tempat tidur, tetapi tidak lebih tinggi dari tempat tidur untuk mencegah rasa tertekan.

4. Tata letaknya tetap bebas dari cermin, tanaman, ruang kerja, atau barang elektronik. Menurut feng shui, semua ini memiliki muatan energinya masing-masing. 

Cerrano mencatat bahwa pengaturan ideal ini tidak selalu memungkinkan atau kondusif untuk gaya hidup Anda, tetapi dapat membuat sedikit penyesuaian jika diperlukan.

Ada beberapa tata letak kamar tidur dari Cerrano yang dapat diaplikasikan, tergantung pada situasi Anda. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Tidur

Penyesuaian tata letak kamar tidur loteng

Pertama, cara mengoptimalkan tata letak kamar tidur menurut feng shui adalah penyesuai dengan loteng.

Jika kamar tidur berada di lantai atas bagian rumah atau apartemen dan memiliki plafon miring, mencapai tata letak feng shui yang optimal bisa jadi sedikit lebih rumit.

“Jika kamar tidur memiliki sudut cukup kuat sehingga kepala Anda mungkin terbentur, hindari menempatkan tempat tidur di bawah posisi miring,” katanya.

Secara umum, cobalah menghindari apa pun yang berhubungan dengan gagasan menekan cakra mahkota di bagian atas kepala Anda. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com