Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Arah Hadap Rumah untuk Hadirkan Feng Shui Baik

Kompas.com - 27/01/2024, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui klasik, praktisi ahli menggunakan arah kompas magnetik untuk menganalisis terhadap rumah dan bangunan.

Artinya, rumah Anda mungkin menghadap ke arah utara, timur, selatan, barat, dan seterusnya. 

Baca juga: Bolehkah Cermin Menghadap Pintu Depan Rumah? Ini Kata Feng Shui

Kompas yang menghadap ke arah adalah salah satu dari banyak teknik yang digunakan praktisi feng shui untuk mengakses bagaimana qi atau energi mengalir dan mempengaruhi penghuni ruangan. 

Nah, disadur dari The Spruce, Sabtu (27/1/2023), berikut cara mengetahui arah hadap rumah untuk mendatangkan feng shui baik. 

Apa itu arah menghadap?

Ilustrasi rumah putih.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi rumah putih.
Ketika feng shui dikembangkan pada zaman kuno, sangat penting memperhatikan lingkungan saat menentukan lokasi di mana Anda akan menetap di tanah tersebut.

Misalnya, kata Yin dan Yang awalnya mendefinisikan sisi cerah (Yang) atau sisi bukit yang teduh (Yin).

Akan ada perbedaan besar jika Anda menempatkan rumah di tempat yang lebih mudah dan mudah menerima energi (sinar matahari) serta memiliki feng shui yang mendukung Anda. 

Baca juga: 6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Rumah Menurut Feng Shui

Arah hadap adalah arah kompas magnet yang menghadap rumah. Kadang-kadang hal ini didasarkan pada lokasi pintu depan dan aliran qi, seperti pemandangan yang megah atau jalan.

Jadi, itu sangat tergantung pada denah dan situasi rumah masing-masing, yang dibutuhkan seorang ahli untuk menentukannya pada Anda.

Bagi pendatang baru yang penasaran dalam feng shui, kami sarankan Anda melakukannya secara sederhana dan menggunakan pintu depan rumah.

Perlu diketahui, tidak semua sekolah feng shui menggunakan kompas atau arah hadap ini.  

Baca juga: 8 Warna Feng Shui Terbaik untuk Ruang Kerja di Rumah

Seorang praktisi feng shui menggunakan arah menghadap rumah Anda untuk menilai bagaimana qi mengalir ke properti. Hal ini memberikan informasi tentang bagaimana qi diterima di dalam gedung.

Luo pan, kompas feng shui, dapat digunakan untuk menyempurnakan analisis sehingga praktisi dapat memahami perilaku qi di rumah Anda.

Praktisi feng shui kemudian dapat menggunakan arah menghadap rumah bersama dengan informasi kelahiran Anda dan wawasan lainnya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi sehingga mereka dapat menyelaraskan qi kliennya dengan ruangan.

Menurut Jillian Rothchild-Scholar, pakar feng shui klasik dari Feng Shui In Motion, luo pan digunakan dalam feng shui untuk berbagai hal. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Datangkan Feng Shui Buruk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com