Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan, Ini 5 Kesalahan Desain Kamar Tidur Kecil Menurut Ahli

Kompas.com - 24/01/2024, 16:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain kamar tidur memiliki tantangan tersendiri. Sebab, ukuran yang terbatas membuat penempatan furnitur dan barang-barang di kamar menjadi sulit.

Desain kamar tidur kecil harus dilakukan dengan tepat agar tetap terlihat rapi, nyaman, dan tidak mengganggu mobilitas di ruangan tersebut.

Baca juga: Kesalahan Desain Kamar Tidur yang Bikin Tak Tenang Menurut Feng Shui

Sulitnya menata kamar tidur kecil membuat banyak orang seringkali melakukan kesalahan saat menata ruangan ini. Dikutip dari House Beautiful, Rabu (24/1/2024), berikut ini beberapa kesalahan desain kamar tidur kecil menurut ahli yang perlu dihindari.

Terlalu banyak menempatkan furnitur

Ilustrasi kamar tidur kecilSHUTTERSTOCK/ONZON Ilustrasi kamar tidur kecil

Kelly Hoppen, seorang desainer interior menyarankan untuk tidak meletakkan banyak furnitur atau dekorasi di kamar tidur sempit. Tujuannya agar kamar tetap rapi dan lapang.

Kelly juga mengingatkan untuk menjaga agar kamar tetap terlihat minimalis dan fungsional. Untuk menjaga agar kamar berukuran kecil tetap terasa luas, Kelly menyarankan untuk menggunakan furnitur multifungsi.

Misalnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan atau meja samping tempat tidur sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Baca juga: 8 Kesalahan Posisi Furnitur di Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Melupakan ruang vertikal

Kesalahan desain kamar tidur kecil lainnya yaitu tidak memanfaatkan ruang vertikal. Padahal, dinding kamar bisa dimanfaatkan untuk meletakkan furnitur seperti rak atau lemari gantung, sehingga area lantai terlihat lebih lapang.

Selain itu, penggunaan rak dan lemari gantung juga bisa menjaga lantai tetap bersih dan membuat kamar terlihat lebih besar.

Tak hanya tempat penyimpanan yang bisa dipasang di dinding, pencahayaan juga bisa diletakkan di dinding kamar tidur. Kelly merekomendasikan untuk mengkombinasikan lampu dengan aksen dinding untuk membuat ruangan lebih menarik.

Baca juga: 5 Gaya Lemari Dapur yang Bisa Menjadi Inspirasi

Tidak memperhatikan cahaya alami

Di kamar sempit, cahaya merupakan sebuah keharusan. Kehadiran cahaya alami akan membuat kamar lebih terang dan luas.

Cara membuat cahaya matahari masuk ke dalam kamar yaitu dengan membuat jendela. Pasang tirai atau gorden di jendela untuk menambah estetika ruangan dan menjaga privasi.

Selain membuat jendela, pemilihan warna di dalam ruangan juga akan mempengaruhi pencahayaan di kamar tersebut. Pilihlah warna dinding yang terang seperti putih, abu-abu, atau pastel yang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih lapang.

Cermin juga bisa dipasang di dalam kamar kecil agar bisa memantulkan cahaya yang dapat membuat kamar lebih hangat, terang, dan luas.

Baca juga: Tips Meningkatkan Cahaya Alami di Kamar Tidur

Mengabaikan skala furnitur

Ilustrasi kamar tidur kecilUNSPLASH/ANDREA DAVIS Ilustrasi kamar tidur kecil

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com