Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Kamar Tidur Kecil Tetap Rapi dan Bersih

Kompas.com - 13/12/2023, 21:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang menata kamar tidur kecil, keterbatasan ruang dapat menyulitkan untuk membuatnya tetap rapi.

Untungnya, mudah menghilangkan kekacauan dengan tips menghemat ruang dan strategi pengaturan yang cerdas, yang membuat kamar tidur terasa bersih serta segar. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal di Kamar Tidur, Cantik dan Meriah

Kamar tidur yang bebas kekacauan dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak dan lebih mudah bangun dari tempat tidur tanpa harus tersandung barang-barang yang ada di lantai kamar tidur.

Dengan sedikit kreativitas dalam metode pengorganisasian, Anda dapat membuat kamar tidur kecil sekalipun terasa luas dan rapi.

Nah, disadur dari The Spruce, Rabu (13/12/2023), berikut cara menata kamar tidur kecil tetap rapi dan bersih. 

Berpikir minimalis

Ilustrasi kamar tidur yang nyamanSHUTTERSTOCK/PAVEL ADASHKEVICH Ilustrasi kamar tidur yang nyaman
Banyak dari apa yang dijual sebagai perabot kamar tidur sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Misalnya, bangku di kaki tempat tidur, meja rias, atau lemari besar mungkin terlihat bagus di majalah, tapi di rumah bisa tampak biasa, bahkan membuat kamar tidur terasa sempit.

Jika memiliki kamar tidur kecil, lakukan pendekatan minimalis dan hanya memasukkan hal-hal penting. Furnitur yang benar-benar dibutuhkan di kamar tidur selain tempat tidur kemungkinan besar adalah meja samping tempat tidur dan tempat menyimpan pakaian.

Anda bahkan dapat membuat furnitur berfungsi ganda, seperti menggunakan meja rias di samping tempat tidur untuk penyimpanan pakaian dan berfungsi sebagai nakas. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Tempat Terbaik Meletakkan TV di Kamar Tidur

Jaga nakas tetap bersih

Selanjutnya, cara menata kamar tidur kecil tetap rapi adalah menjaga meja nakas atau meja samping tempat tidur tetap bersih.

Di kamar tidur kecil dengan furnitur minim, sangat mudah menciptakan kekacauan dengan menumpuk berbagai barang di meja nakas.

Untuk menghindari hal ini, gunakan meja nakas dengan laci untuk penyimpanan tersembunyi. Batasi ruang permukaan hanya untuk dua atau tiga barang saja, mungkin lampu, sekotak tisu, dan piring kecil untuk menyimpan perhiasan.

Anda bahkan dapat memasang lampu samping tempat tidur di dinding di samping tempat tidur untuk mengosongkan ruang nakas.  

Baca juga: 8 Ide Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman di Ruang Bawah Tanah

Gunakan ruang di kolong tempat tidur 

Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.Shutterstock/Paksongpob Kasempisaisin Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.
Jika tempat tidur memungkinkan untuk penyimpanan di bawahnya, ini adalah tempat tepat untuk menyimpan pakaian di luar musim.

Hal ini akan membantu merapikan lantai dan lemari. Pastikan ruang di kolong tempat tidur  tetap rapi dan bebas debu.

Pertimbangkan menggunakan kotak penyimpanan plastik yang lebar dan datar dengan tutup untuk menjaga semuanya tetap bersih dan tersusun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com