Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan, Ini Kesalahan Mendesain Kamar Tidur Kecil

Kompas.com - 22/11/2023, 17:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKamar tidur kecil tetap terasa nyaman apabila ditata dengan baik. Bahkan, dengan desain yang tepat kamar tidur berukuran kecil tetap terlihat mewah dan cantik.

Sebaliknya, desain yang tidak tepat akan membuat kamar tidur kecil semakin terasa sempit dan pengap. Sayangnya, masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan saat mendesain kamar tidur kecil.

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (22/11/2023), berikut ini kesalahan mendesain kamar tidur kecil yang tidak boleh dilakukan.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur Kecil agar Lebih Nyaman

Terlalu banyak menyimpan barang

Jika kamar kamu terlalu kecil, maka sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak barang di ruangan tersebut. Apabila barang-barang sudah terlanjur banyak, maka sebaiknya letakkan dalam tempat penyimpanan yang tepat.

Ilustrasi kamar tidur kecilSHUTTERSTOCK/ONZON Ilustrasi kamar tidur kecil

Desainer interior Kelly Hoppen, menyarankan untuk menggunakan perabotan multifungsi agar penyimpanan lebih efisien.

Misalnya, tempat tidur yang memiliki laci di bagian bawahnya agar bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan meja kecil di samping tempat tidur yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang kecil.

Tidak memanfaatkan ruang vertikal

Melupakan ruang vertikal juga termasuk kesalahan mendesain kamar tidur kecil yang tidak boleh dilakukan. Area vertikal di kamar tidur bisa digunakan untuk menyimpan barang atau sekadar di dekorasi untuk menambah nilai estetika di ruangan tersebut.

Baca juga: 8 Kesalahan Mendekorasi Kamar Tidur Kecil

Kelly merekomendasikan kombinasi pencahayaan ambien dan dekorasi ruangan lainnya yang membuat kamar semakin menarik.

Mengabaikan cahaya alami

Di kamar yang ukurannya kecil, kamu tidak boleh mengabaikan pencahayaan. Kelly menyarankan untuk menggunakan tirai tipis atau kerai di jendela untuk memungkinkan cahaya matahari masuk.

Pencahayaan alami akan membuat ruangan terasa lebih terang. Selain memperhatikan pencahayaan, cara lain untuk membuat ruangan terasa lebih luas yaitu mengecat dinding dengan warna terang seperti putih, abu-abu pucat, dan pastel lembut.

Kamu juga bisa menempatkan cermin di posisi strategis untuk memantulkan cahaya dan membuat ilusi ruang lebih luas. Pintu lemari bercermin juga bisa membuat ruangan terasa lebih luas.

Tidak memperhatikan skala

Mengabaikan skala juga merupakan kesalahan mendesain kamar tidur kecil. Banyak pemilik kamar sempit yang tidak mempertimbangkan ukuran furnitur saat membelinya.

Baca juga: 5 Cara Menata Kamar Tidur Kecil agar Lebih Besar dan Lapang

Ilustrasi kamar tidur kecil, kamar tidur sempit. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur kecil, kamar tidur sempit.

Kelly mengingatkan untuk selalu memperhatikan skala furnitur dan dekorasi sesuai dengan ukuran ruangan. Namun, jangan takut membeli karpet besar untuk menutup lantai.

Sebab, karpet yang terlalu kecil justru bisa membuat ruangan terasa terputus-putus. Idealnya, karpet diletakkan di bawah tempat tidur dan di meja samping tempat tidur, sehingga sebaiknya ukuran karpet besar.

Mengabaikan style pribadi

Di ruangan kecil, mungkin kamu akan memilih dinding dan furnitur berwarna pucat dan netral. Meski cocok, dominasi warna pucat akan membuat ruangan terasa hambar.

Kelly menyarankan untuk mempertimbangkan menggunakan wallpaper yang bisa menambah daya tarik visual tanpa membuat ruangan terasa berat dan berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com